Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bedtime Story, Media Efektif Mengenalkan Anak tentang Keteladanan Para Nabi

3 Mei 2021   21:44 Diperbarui: 3 Mei 2021   21:51 375 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bedtime Story, Media Efektif Mengenalkan Anak tentang Keteladanan Para Nabi
Ilustrasi Bedtime Story. Sumber: dokumentasi pribadi

Sedari dini saya bersama istri berkomitmen  untuk mengenalkan budaya literasi dengan anak kami. Kami bersepakat untuk mengenalkannya dengan buku-buku yang dibuat khusus untuk bayi dan anak-anak balita.

Kami masih mengingat membelikan anak kami buku Rabbithole yang berisikan gambar ekspresi sederhana dengan latar hitam putih, karena menurut penelitian penglihatan anak-anak yang baru lahir masih belum banyak mengenal warna, mereka akan lebih banyak terstimulasi dengan gambar-gambar berwarna hitam putih.

Seiring waktu kami mulai mengenalkan buku-buku yang lebih beragam dan berwarna sesuai dengan umur perkembangannya. Kami juga tak lupa membiasakan bercerita tentang berbagai jenis buku pengantar tidurnya. Buku yang paling disukai oleh anak kami adalah buku tentang cerita para nabi dan juga fabel atau cerita-cerita fiksi tentang kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia pada umumnya.

Khusus untuk cerita para nabi, anak kami dapat mempelajari dan mendapatkan pesan moral dan teladan yang dilakukan oleh para nabi dan rasul terdahulu.

Bedtime Story, Media Pembelajaran yang Efektif

Ilustrasi. Sumber: istockphoto.com
Ilustrasi. Sumber: istockphoto.com

Jangan menyepelekan bedtime story, karena menurut beberapa peneilitian ternyata bedtime story dapat melatih konsentrasi bahkan meningkatkan kualitas tidur anak, di lain sisi bedtime story membangun kedekatan antara anak dan orang tua yang membacakan cerita.

Di sisi lain bedtime story akan melatih anak-anak kita untuk semakin semangat membaca buku dan mendengarkan berbagai cerita yang ototomatis mengurangi paparan screen time dari anak-anak kita, terlebih di tengah membanjirnya gawai dengan akses internet yang sangat bebas saat ini.

Bedtime story juga merupakan media pembelajaran yang baik dan efekif untuk menyampaikan pesan-pesan moral serta nilai-nilai budi pekerti dan kebaikan kepada anak-anak kita. Karena membacakan cerita sebelum tidur rmelibatkan sensor auditori, visual, dan juga kinestetik yang kita miliki dengan demikian isi cerita dan pesan-pesan moral yang disampaikan akan lebih melekat di memori anak-anak kita.

Cerita Nabi yang Banyak Memberikan Pelajaran

Sumber: istockphoto.com
Sumber: istockphoto.com

Rutinitas kami untuk membacakan buku-buku cerita khususnya cerita tentang para nabi menjelang tidur (bedtime story) sedikit banyak telah memberi manfaat bagi anak-anak kami. Banyak manfaat dan nilai pembelajaran dari cerita para nabi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x