Adolf Tacoh
Adolf Tacoh Hipnoterapis

Hipnoterapis lulusan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology. Sertifikasi hipnoterapi melalui pendidikan 100 jam sesuai standar American Council of Hypnotist Examiners (ACHE), USA. Bersertifikat praktik hipnoterapi dan trainer teknologi pikiran, dari lembaga yang sama. Aktif mendalami hipnoterapi berbasis teknologi pikiran untuk membantu kualitas hidup manusia pada aspek mental, emosi, dan spiritual. Aktif menulis artikel di blog pribadi www.kasyara.id

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Satu Inspirasi dan Rahasia Menurunkan Berat Badan

7 Mei 2017   09:44 Diperbarui: 7 Mei 2017   09:49 528 1 2
Satu Inspirasi dan Rahasia Menurunkan Berat Badan
Aina: before and after body healthy slimming

Kunci rahasia segala rahasia kehidupan, ada dalam dirimu. Temukan dan bukalah tabir  yang menghambatmu untuk maju dan bahagia.


Berat badan berlebihan, merupakan pintu gerbang datangnya berbagai penyakit. Banyak orang mengalami masalah berat badan berlebihan. Sudah berbagai upaya dilakukan, bukannya turun, malah semakin naik. Mulai dari mengikuti berbagai program diet, membeli obat-obat murah sampai  yang jutaan rupiah, yang katanya bisa menurunkan berat badan bahkan sampai perilaku ekstrim seperti tidak makan berhari-hari dan atau berolahraga berat. Alih-alih turun, bahkan yang bersangkutan jatuh sakit. Patah semangat dan kembali pada pola lama, badan semakin tambun dan subur.

Apakah program-program diet, berolah raga dan obat atau herbal tidak berguna? Kalau sudah ditulis, atau ditayangkan dalam bentuk visual, tentu sudah lewati beberapa pengujian atau sudah dipraktekan ke beberapa orang dan tentunya menunjukkan hasil yang signifikan bagi mereka yang melakukan ujicoba. Namun, bukankah seperti kegiatan seminar motivasi, dimana peserta akan sangat merasakan pencerahan di saat masih dalam ruangan seminar, dan kembali melemah setelah keluar dari seminar. Dimana kekeliruannya?

Ada pepatah: Mens sana in corpore sano, adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah "Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat." Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga. Begitu pula sebaliknya. Ada juga pendapat bijak, bahwa tubuh, pikiran dan jiwa merupakan suatu kesatuan dalam kehidupan manusia. Artinya tiga komponen ini saling tunjang menunjang dalam menjalankan kehidupan. Tiga komponen ini harus selaras untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Pikiran manusia, saat ini dikenal terbagi dua yakni pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.  Pikiran sadar adalah ekspresi anda mengambil tindakan seperti berbicara, mendengar, merasakan dan atau bertindak. Namun bagaimana tindakan itu anda ambil, sangat ditentukan oleh pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar merupakan faktor paling besar mempengaruhi dan menentukan kehidupan seseorang. 85 - 90% kehidupan manusia dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Di pikiran bawah sadar inilah tersimpan semua data-kenangan, emosi negatip dan positip. Jadi, data yang menunjang kehidupan lebih baik maupun yang menghambat kemajuan kita, tersimpan rapi dalam pikiran bawah sadar.

Pikiran bawah sadar misalnya memberi signal bahwa anda lapar dan ingin makan nasi dan telur dadar. Pikiran sadar akan menggerakan kaki dan tangan untuk memasak nasi dan membuat telur dadar, menyajikan dan makan. Atau contoh lain,  anda berniat untuk menurunkan berat badan, sudah memilih program diet yang dianggap pas; waktu program dijalankan, terasa sangat berat. Ini karena program pikiran bawah sadar masih menggunakan program lama, yakni program yang bertentangan dengan program diet anda. Selanjutnya dipastikan Anda Gagal!

Inilah Satu Kunci Rahasia itu:

Tubuh, Pikiran dan Jiwa harus sejalan, harus sinkron. Keinginan untuk menurunkan berat badan yang ideal dan sehat, harus bermula dari pikiran bawah sadar. Bagaimana memprogram pikiran bawah sadar agar sinkron dengan tindakan menurunkan berat badan anda? Perlu diketahui, program-program bawah sadar, terlindung dengan baik pada tempatnya, ibarat program komputer yang terenkrip sedemikian rupa untuk menjaganya dari kerusakan karena gangguan virus dan hacker. Bila penyusup (hacker atau virus) bisa menembus program komputer, maka hacker akan dengan mudah memanipulasi program menurut keinginannya. Bisakah kita menjadi hacker atau programmer untuk pikiran bawah sadar kita, dan mengganti skrip programmya agar sesuai dengan program diet menurunkan berat badan yang sehat dan proposional? Berikut adalah cara menurunkan berat badan secara sehat dan proposional menurut ibu Aina 28 tahun. Ibu Aina dengan tinggi 147 cm, lama memiliki berat badan 67Kg. Dalam kurun waktu 3 - 4 bulan mampu menurunkan berat badan 17kg dengan cara yang santai dan sehat. Uraian berikut adalah seperti yang dituturkan ibu Aina.

Menurunkan Berat Badan Melibatkan Pikiran  Bawah Sadar:

Semenjak menikah, sekitar 4 tahun yang lalu, perlahan-lahan tapi pasti berat badan saya terus bertambah. Yang semula 48 - 49 kg, naik dan semakin naik sampai puncaknya seberat 67 kg diakhir tahun 2016.

Menyadari berat yang terus bertambah, saya melakukan berbagai upaya. Mengkonsumsi sembarang obat pelangsing, makan hanya beras merah, hanya buah-buahan, program diet berbagai jenis, yang kesemuanya itu berujung ke rumah sakit. Pernah dirawat karena gangguan gijal, gangguan empedu bahkan setiap bulannya harus menginjak rumah sakit karena ada saja kondisi-kondisi yang sangat melemahkan tubuh.

Agustus 2016 saya mengikuti workshop Quantum Life Transformation dari Adi W Gunawan Institute Surabaya dengan guru yang menginspirasi banget pak Adi W Gunawan. disusul workshop Self Hypnosys for Change dari pak Agus Wirajaya Bali, dan Workshop ERASE dari pak Adi dan pak Tony yang diselenggarakan di Makassar. Kegiatan-kegiatan ini tidak untuk membuat berat badan saya turun. Tapi memberi saya pemahaman baru bagaimana pikiran manusia bekerja dan bagaimana memberdayakan pikiran untuk keberuntungan dan kebaikan dalam menjalani hidup sehari-hari.

Saya mulai menata kembali program menurunkan berat badan saya sebagai berikut:

  1. Siapkan Timbangan digital.
  2. Atur pola makan sehat
  3. Olahraga teratur dan
  4. Negosiasi organ tubuh.

Poin 1, 2 dan 3 adalah pemahaman awal yang ditata kembali. Senin sampai jumat pola makan sebagai berikut: sarapan dengan buah segar, makan siang hanya sayur dan ikan, serta makan sore sedikit sayur dan ikan plus buah. Seminguu tiga kali olahraga dan saya memilih berolahraga di gymnastic seperti treadmill, zumba, muai thai dan menggunakan private trainer untuk melatih pembentukan otot supaya mendapatkan bentuk badan proposional.

Poin 4 adalah poin utama agar dapat menjalankan poin 2 dan tiga secara nyaman. Sehari sebanyak dua kali yakni sebelum dan setelah bangun tidur, saya duduk tenang, mengatur pola napas menjadi sangat teratur berirama pelan dan saya menjadi sangat rileks. Dalam posisi rileks ini, saya visualkan bagaimana bentuk berat ideal, yakni 48 kg seperti yang saya rasakan sebelum menikah. Saya merasa nyaman dan senyum bahagia. Kemudian saya menyapa semua organ tubuh dalam perut, mulai dari lambung, semua usus, ginjal, hati, empedu, jantung, paru-paru, mulut, tenggorokan dan seluruh tubuh. Saya katakan, mari sama-sama jalankan pola hidup sehat. Target kita adalah 48kg yang akan dicapai lewat pengaturan pola makan dan olahraga. Ini saya lakukan di awal bulan januari 2017.

Hari Sabtu dan Minggu adalah hari untuk menikmati hasil dan evaluasi. Saya memberikan bonus ke tubuh dan pikiran saya seperti menikmati beberapa makanan kesukaan baik makanan utama maupun cemilan. Namun dalam porsi bonus, artinya bukan makan secara brutal, makan ala kadarnya dengan porsi terukur. Tubuh, pikiran dan jiwa merasakan kebahagiaan.

Secara signifikan, berat badan turun menjadi 57kg pada akhir januari. Saya turun 10kg dengan bentuk yang proposional. Berat 57kg ini bertahan cukup lama sekitar tiga minggu. Wahh...ada apa ya? Kembali saya lakukan wawancara dan negosiasi dengan tubuh melalui percakapan rileks seperti saya lakukan di atas.

Akhir februari 2017 penurunan berat badan mulai bergerak turun perlahan. Akhir maret 2017, berat badan saya stabil berada di 50kg. Berat ini stabil sampai sekarang. Saya lagi beri waktu sebelum lanjut menurunkan ke berat 48 kg. Rencana kerjasama dengan tubuh, pikiran dan jiwa untuk menuju 48kg akan saya lakukan minggu kedua bulan Mei 2017. Disaat menghadapi bulan suci ramadhan, saya akan mempelajari gerakan naik turun berat badan berdasarkan kegiatan berpuasa. 

Naik turun perhari, saya nikmati lewat tampilan timbangan digital. Timbangan ini sangat membantu untuk memahami pergerakan pola makan dan olahraga. Buat pembaca yang ingin berdiskusi lanjut, tentang menurunkan berat badan secara sehat dan proposional, mari bergabung dalam grup publik Aina Healthy Slimming di https://t.me/joinchat/AAAAAEOkhrK71AXLu18TMQ

Semoga paparan saya tentang pengalaman menurunkan berat badan ini dapat meng- inspiraksi pembaca kompasiana (Aina-Makassar)

----

Bila ibu Aina bisa berhasil seperti pemaparan di atas, itu bukalah suatu kebetulan. Karena sebelum menjalankan pola tersebut, ibu Aina sudah mencoba berbagai cara seperti yang banyak dicoba orang. Pemahaman cara kerja pikiran dan manipulasi serta pemberdayaannya adalah ilmiah untuk dapat diterapkan bagi setiap orang. Respon dan penilaian pembaca kiranya dapat saling membantu siapapun mendapatkan tubuh, pikiran dan jiwa yang sehat; Mens sana in corpore sano.