Mohon tunggu...
Brader Yefta
Brader Yefta Mohon Tunggu... Insinyur - Menulis untuk berbagi

Cuman tuk refreshing aja....

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Dinamika Konsumen Memilih Transaksi Dompet Digital Nonbank atau Layanan Bank

24 Januari 2022   16:30 Diperbarui: 24 Januari 2022   20:56 768 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (rawpixel/freepik)

Just Sharing....

Tadi malam karena sadar stok tisu di rumah habis, saya kepikiran mau beli di kios sembako milik tetangga. Ternyata sudah tutup karena sudah jam 9 malam. Saya kemudian bergegas ke minimart modern yang bukanya sampai pukul 23.00 Wita. 

Harga tisu wajah dalam kemasan balok isi 220 lembar ini harganya 12 ribu. Sama harganya dengan di kios milik tetangga sebelah karena kerap beli ukuran yang sama. 

Barang yang satu ini termasuk penting. Apalagi setahun lalu mata mulai agak mines dan kadang pake kacamata. Butuh tisu buat bantu ngelapin kacanya setelah disemprot cairan pembersih lensa. 

"Ada kartu membernya?" tanya pelayan cewek yang kebagian tugas tadi malam. 

Saya buka dompet, ambil dan serahkan. Ini kartu sudah dibuat dari 2015 hanya saja jarang digunakan dalam 2 tahun terakhir untuk belanja di minimart ini yang cabangnya tersebar di hampir seluruh provinsi. 

Meski tidak untuk belanja, tapi kerap terpakai bila mengisi saldo salah satu aplikasi dompet digital, yakni Gopay. Aplikasi ini berawal di instal gara-gara beberapa kali dalam setahun ada perjalanan dinas ke kota besar, sehingga butuh layanan transportasi online. 

Di daerah tempat saya bertugas, tak ada aplikasi transportasi semacam itu. Ini kabupaten kecil dan warga juga belum butuh banget. Masih laris manis abang ojek pangkalan. 

Namun karena berguna untuk tujuan pekerjaan dan pada akhirnya sebagai syarat K -Reward Kompasiana juga, ya dobel manfaatnya. Btw saya baru aktifin di Maret 2020 dan K Reward pertama masuk di April 2020. 

Dalam 2 tahun terakhir, akhirnya aplikasi dompet digital ini di HP menggantikan layanan transfer via mobile banking dan pembayaran online lainnya. Padahal ada tiga rekening di tiga bank berbeda yang telah terpasang mobile banking di perangkat seluler saya.

Ini alasannya : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan