Mohon tunggu...
Adnan Abdullah
Adnan Abdullah Mohon Tunggu... Seorang pembaca dan penulis aktif

Membaca, memikir dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Maradona dan Kenangan Tentang Indonesia di Akhir Hayatnya

26 November 2020   22:03 Diperbarui: 26 November 2020   22:10 42 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Maradona dan Kenangan Tentang Indonesia di Akhir Hayatnya
Foto: Maradona di Piala Dunia 1986 (Getty Images)

Dunia sepakbola hari ini kehilangan seorang bintang sepakbola, Diego Armando Maradona yang meninggal dalam usia 60 tahun. 

Maradona adalah legenda. Dia bukan sekedar pemain sepakbola terbaik Argentina dan dunia, namun juga seorang maestro seni bermain bola. Kemampuan tekniknya luar biasa. 

Memang masih ada Lionel Messi yang pernah 6 kali menjadi pemain terbaik dunia bersama klubnya Barcelona, tapi dia tidak pernah berhasil membawa Argentina menjadi juara dunia seperti Maradona dulu. 

Prestasi terbaik Maradona adalah membawa Argentina menjadi Juara Dunia di Piala Dunia Meksiko pada tahun 1986. Di turnamen itu dia juga mencetak gol terbaik dunia sepanjang masa versi FIFA. 

Ketika itu Maradona mencetak gol ke gawang Inggris dengan menggiring bola seorang diri dari tengah lapangan sambil melewati hadangan 5 orang pemain Inggris, sebelum menjebol gawang Inggris yang dikawal Peter Shilton hanya dalam waktu kurang lebih 10 detik. 

Dalam pertandingan itu, dia juga mencetak gol dengan menggunakan tangannya yang kemudian populer dengan sebutan Gol Tangan Tuhan. 

Foto: Maradona ketika melawan Indonesia (Sumber: Indosport.com)
Foto: Maradona ketika melawan Indonesia (Sumber: Indosport.com)
Menjelang akhir hayatnya kemarin, Maradona ternyata sempat menulis kenangannya tentang Timnas Indonesia di akun Twitternya.     

Di akunnya itu, Maradona mengenang debutnya bersama Timnas Argentina ketika menghadapi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 di Jepang pada tahun 1979. Ketika itu, Maradona dan kawan-kawan mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak 5-0. Maradona sendiri ketika itu mencetak 2 gol. 

Ternyata di akhir hayatnya, bukan "Gol Tangan Tuhan" ke gawang Inggris yang dia kenang, tapi dua gol ke gawang Indonesia.

Selamat jalan Maradona. Saya dan pencinta sepakbola di Indonesia juga akan selalu mengenangmu.  

VIDEO PILIHAN