Mohon tunggu...
Aditya Ramandha Junaidi
Aditya Ramandha Junaidi Mohon Tunggu... Jurnalistik

Menulis itu asyik apalagi yang kita tulis bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Indahnya Berwisata di Gunung Bromo Jawa Timur

14 Januari 2021   13:34 Diperbarui: 14 Januari 2021   13:46 60 2 0 Mohon Tunggu...

Gunung Bromo menjadi salah satu tempat wisata yang cukup favorit, Gunung Bromo menampilkan pemandangan yang indah seperti pegunungan, bukit-bukit, dan panorama matahari terbit (Sunrise). Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Wisata Gunung Bromo Juga terkenal akan budayanya salah satunya festival Yadnya Kasada atau Kasodo yang dilakukan setahun sekali, ketika acara festifal ini berlangsung tidak sedikit wisatawan datang hanya untuk menikmati festival tersebut, tidak heran jika pada hari tersebut dipenuhi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk dapat menuju lokasi Wisata Gunung Bromo ini sangatlah mudah. Para wisatawan dapat menempuh perjalanan melalui Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Empat kabupaten tersebut, terdapat di daerah Jawa Timur dekat dengan Wisata Gunung Bromo.

Kemudian, gunakan jasa travel untuk mempermudah akses menuju tempat Wisata Gunung Bromo. Buatlah perjanjian dan kesepakatan dengan jasa travel tersebut. Saat sudah sampai di salah satu kabupaten tersebut, hubungi dan bertemu jasa travel yang telah disewa sebelumnya untuk menjemput para wisatawan menikmati Wisata Gunung Bromo. Biasanya jika kita menggunakan Jasa Travel kita bisa lebih murah untuk berkunjung ke Gunung Bromo dibandingkan pergi sendiri.

Bagi para wisatawan yang ingin bermalam, disediakan juga guest house atau hotel untuk penginapan yang tidak jauh dari tempat Wisata Gunung Bromo. Ada baiknya, para wisatawan memilih paket yang disediakan oleh travel tersebut untuk wisata dan penginapan, biasanya harga yang ditawarkan bermacam-macam, dari penginapan yang murah hingga yang mahal, tergantung dari permintaan para wisatawannya.

Setiap tempat wisata memiliki kekurangan dan kelebihan seperti halnya Wisata Gunung Bromo. Kelebihan yang dimiliki tempat ini adalah para wisatawan dapat menikmati suasana alam pegunungan yang indah, matahari terbit langsung dari dataran tinggi, dan pemandangan bukit-bukit lainnya yang eksotis, mendapat pengalaman baru, ilmu baru dan dapat menjalin pertemanan dengan para wisatawan lain.

Disisi lain, Wisata Gunung Bromo ini memiliki kekurangan yaitu pengunjung tidak bisa menjaga lingkungan sehingga banyak sampah yang berserakan di sekitar tempat wisata, akses perjalanan yang rusak membuat para wisatawan yang menaiki mobil jeep merasakan benturan saat didalam mobil jeep serta tanjatan yang sangat curam.

Itulah Keindahan Alam yang ada Di Gunung Bromo. Buat kamu yang ingin merasakannya, silahkan datang langsung ke kawasan Gunung Bromo Jawa Timur.

Penulis : Aditya Ramandha Junaidi, Mahasiswa STISIP WIDURI.

VIDEO PILIHAN