Mohon tunggu...
Adi Pras
Adi Pras Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

Kalau nggak gini-gini aja, ya gitu-gitu aja

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips Untuk Melatih Fokus

2 Agustus 2022   12:26 Diperbarui: 2 Agustus 2022   12:31 64 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam melakukan suatu pekerjaan, tentunya setiap orang menginginkan pekerjaan yang sedang dilakukan tersebut cepat selesai dan memberikan hasil yang maksimal, hal ini bisa terjadi apabila kita fokus untuk melakukan suatu pekerjaan tersebut. Fokus tidak hanya sekedar berkonsentrasi. Konsentrasi adalah mempertahankan pikiran agar terhindar dari segala bentuk distraksi dan gangguan. Sedangkan fokus adalah memusatkan pikiran dan perhatian hanya kepada hal-hal yang sedang dikerjakan.

Dengan memiliki kemampuan dalam mempertahankan fokus, kamu akan lebih bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan cepat dan tepat. Mempertahankan fokus memerlukan latihan yang harus dilakukan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melatih daya fokus. Tips-tips ini dapat membantumu dalam bekerja atau belajar, seperti belajar atau kursus IELTS bagi yang berkeinginan untuk mengambil beasiswa luar negeri. berikut adalah tips untuk melatih fokusmu:

 

Menyingkirkan Segala Bentuk Gangguan

Hal pertama yang bisa membantumu fokus adalah menyikirkan segala hal yang bisa mengganggu fokus kita. Mungkin yang paling sering mengganggu fokus kita adalah smartphone. Untuk menjadikanmu lebih fokus, kamu bisa membatasi atau bahkan menghentikan penggunaan smartphone sejenak saat kita membutuhkan fokus. Jika dalam kasus saya, saya adalah orang yang suka mendengarkan musik, saya awalnya beranggapan musik akan membantu saya untuk lebih fokus mengerjakan sesuatu. Namun pada kenyataan ketika saya mendengarkan lagu-lagu yang saya sukai, saya malah bernyanyi dan mengganggu pekerjaan saya. Jika kamu memiliki pengalaman yang saya dengan saya, berarti kamu perlu suasana yang hening untuk membantumu fokus, atau memilih bentuk musik lain yang tidak membuatmu terdistraksi.

Tinggalkan Multitasking

Terkadang, multitasking dianggap sebagai suatu keahlian yang menguntungkan. Pasalnya sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Setiap orang pastinya menginginkan beberapa pekerjaan selesai dengan cepat, dan multitasking menjadi suatu pilihan. Nyatanya multitasking tidak selamanya baik. Multitasking akan lebih membuat energimu terkuras, pasalnya kamu harus menegrjakan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang sama. Multitasking juga lebih berpotensi membuat pekerjaanmu kurang maksimal, sehingga hasil dari pekerjaanmu pun juga tidak maksimal.

 

Buat Suasana Menjadi Santai

Kamu bisa menciptakan suasana yang bisa mendukung fokusmu, salah satu caranya adalah dengan mendengarkan musik yang bisa mendukung kinerjamu untuk menjadi lebih fokus. Salah satu bentuk musik yang bisa kamu dengarkan adalah musik klasik atau musik instrumental yang menenangkan. Ini kan menjadikan susana kerjamu menjadi lebih tenang, selain itu musik jenis ini adalah musik yang tidak terdapat lagu, jadi hal ini tidak akan membuatmu bernyanyi sehingga tidak mengganggu fokusmu terhadap pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan