Mohon tunggu...
ADINDA IDRIS
ADINDA IDRIS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adinda idris mahasiswa S1 Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mencapai Kedamaian dengan Musyawarah

17 November 2022   14:44 Diperbarui: 17 November 2022   14:52 335
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak dari kita telah mengenal yang namanya musyawarah. Musyawarah itu sendiri yaitu upaya bersama yang dilakukan untuk memecahkan suatu persoalan atau masalah dengan mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian masalah tersebut.

Mengapa musyawarah mufakat dijadikan pilihan yang sangat disarankan dalam menyelesaikan suatu masalah?. Musyawarah mufakat merupakan upaya penting untuk memecahkan berbagai masalah karena manusia adalah makhluk sosial dimana kita hidup bersama manusia lainnya. Di satu sisi, perlu melalui latihan konsensus ketika mengambil keputusan, agar kita selalu hidup harmonis dalam masyarakat. Selain itu musyawarah dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik.

Ketika kita di dalam sebuah kelompok, dan pada saat itu terjadi suatu masalah, kita dapat menggunakan musyawarah sebagai solusinya, karena menyangkut kepentingan bersama dan menghindari perpecahan. Musyawarah itu sendiri memiliki ciri-ciri, dapat kita ketahui ciri-ciri dari musyawarah yaitu:

-Dilakukan berdasarkan kepentingan bersama.

-Hasil keputusan dapat diterima dengan hati-hati dan hati nurani.

-Pendapat yang diungkapkan dalam musyawarah mudah dipahami dan tidak membebani anggota musyawarah.

-Mengutamakan aspek moral dan hati nurani yang mulia.

Di Indonesia, musyawarah merupakan bagian penting dari demokrasi musyawarah juga memiliki manfaat dalam kegiatan sehari-hari untuk mencapai mufakat pada kepentingan masyarakat banyak maupun dalam keluarga. Pasalnya, musyawarah untuk mufakat adalah salah satu ciri dari Demokrasi Pancasila.

Contoh dari musyawarah yang sering kita lakukan yaitu diskusi kelompok, diskusi kelompok yaitu metode atau teknik pelatihan dimana sekelompok orang terlibat dalam komunikasi tatap muka dimana setiap anggota kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan pemikiran dan berbagi pengalaman atau informasi untuk memecahkan masalah atau membuat keputusan. Dalam diskusi kelompok, anggota kelompok menunjuk seorang moderator (pemimpin), menentukan tujuan dan agenda yang harus diikuti.

Di dunia pendidikan diskusi kelompok menjadi hal yang paling sering dilakukan, diskusi kelompok dianggap efektif dalam proses mengajar. Dengan diskusi kelompok siswa diajarkan untuk aktif dalam mencari penyelesaian dan dapat melatih kekompakan dari siswa tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun