Analisis Kebutuhan PembelajaranÂ
(Matkul : Sistem Informasi Manajemen dan Perencanaan Pendidikan)
 Pendahuluan
         Pendidikan merupakan proses sistematis untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Satu hal dari komponen sistem pendidikan yang sangat banyak dipentingkan adalah perencanaan pembelajaran. Dalam merencanakan pembelajaran yang efektif, pemahaman mendalam tentang kebutuhan belajar peserta didik diperlukan. Ini karena pada dasarnya analisis kebutuhan pembelajaran merupakan langkah awal yang sangat vital dalam perencanaan dan pelaksanaan pendidikan.
Analisis kebutuhan pembelajaran adalah suatu identifikasi proses dari kesenjangan antara kondisi yang ada dan kondisi yang diharapkan dalam hal pengetahuan, keterampilan, sikap, maupun perilaku peserta didik. Analisis ini dimana-mana dibutuhkan agar kegiatan pembelajaran dapat dirancang dan disampaikan sesuai dengan kebutuhan nyata peserta didik serta tuntutan kurikulum.
Makalah ini menguraikan pengertian, tujuan, metode, dan langkah-langkah menjalankan analisis kebutuhan pembelajaran, serta contoh penerapannya dalam lingkungan pendidikan formal.
Pengertian Analisis Kebutuhan Pembelajaran
         Analisis kebutuhan pembelajaran adalah proses sistematis untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kebutuhan belajar peserta didik guna merancang program pembelajaran yang relevan, efektif, dan efisien. Proses ini bertujuan mengetahui apa yang harus diajarkan, kepada siapa, dan bagaimana cara terbaik untuk menyampaikannya.
         Menurut Morrison, Ross, dan Kemp (2011), analisis kebutuhan adalah proses pengumpulan informasi yang bertujuan untuk menentukan kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki saat ini dengan kompetensi yang diinginkan. Dalam konteks pendidikan, ini berkaitan dengan pencapaian tujuan pembelajaran.
         Dengan kata lain, analisis kebutuhan pembelajaran merupakan dasar untuk menentukan isi kurikulum, strategi pengajaran, serta metode evaluasi. Tanpa analisis kebutuhan, pembelajaran cenderung bersifat generik dan kurang mengakomodasi perbedaan individual siswa.