Mohon tunggu...
ADE SETIAWAN
ADE SETIAWAN Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Kepala Puskeswan Pandeglang

All is Well

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Pengalaman Pribadi Atasi Kegemukan agar Perut Tak Buncit Banget

22 Februari 2024   08:34 Diperbarui: 22 Februari 2024   13:32 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perut bincut. (Shutterstock via Kompas.com)

Memiliki postur badan yang ideal merupakan salah satu dambaan banyak orang. Namun, hal itu tak mudah. Alih-alih ingin bertubuh ideal, lantaran gaya hidup yang tidak sehat tak sedikit justru yang terjadi kebalikannya.

Tinggi saya 160 cm, dengan berat badan sekarang sedang tidak ideal. Penyebabnya, konon badan saya ini tergolong tipe skinny fat.

Saya merasa pola makan sudah normal, tapi kadang perut masih tampak buncit. Hal ini sangat terlihat jelas dengan adanya tumpukan lemak di bagian kulit perut dan dirasakan ketika perut dicubit.

Lalu, mengapa saya merasa sudah makan sedikit tapi badan gemuk dan perut tetap saja buncit?

Ternyata bisa jadi makanan yang dipilih tidak tepat untuk kebutuhan badan atau mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan sesuai usia saya.

Ini artinya makanan yang kita konsumsi tidak cukup mengandung kalori baik, tetapi harus sesuai kebutuhan. Sekurangnya, kalori yang diterima tubuh sama besar dengan kalori yang dikeluarkan.

Nah, kondisi perut buncit yang saya rasakan kerap terlihat sejak umur di atas 40 tahun. Saat makan sedikit atau banyak, minum sedikit banyak langsung perut melar alias buncit. Hadeh, sedih rasanya!

Tak hanya itu, perlahan tapi pasti baju yang saya pakai mulai sempit. Ukuran baju pun semakin bertambah. Mulai dari ukuran M ke L. Bahkan sekarang sudah berukuran XL.

Begitupun celana sudah terasa sempit lantaran ukuran pinggang yang semakin melebar. Masih beruntung, lingkaran pinggang saya masih dibawah 100 cm. Karena angka 100 centimeter adalah batas maksimal ukuran normal pinggang orang dewasa.

Kemudian, bagaimana saya mengatasinya biar ga buncit banget?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun