Kesehatan

Puskesmas Rumpin Bangun Gedung Rawat Inap Baru

5 Maret 2019   13:14 Diperbarui: 5 Maret 2019   13:37 78 0 0
Puskesmas Rumpin Bangun Gedung Rawat Inap Baru
Gambar 1.1 Kondisi gedung rawat inap baru yang sudah dibangun/dokpri

             

                                                                                 

Rumpin (05/03/2019) - Kecamatan Rumpin merupakan daerah yang berada di Kabupaten Bogor. Kecamatan Rumpin ini memiliki puskemas yang bernama Puskesmas Rumpin, puskesmas ini memiliki gedung rawat inap dan Unit Gawat Darurat atau biasa disebut (UGD) yang siap melayani masyarakat 1x24 Jam.

Fasilitas yang terdapat di gedung rawat inap dan UGD sebelum dibangun,memiliki kondisi yang memprihatinkan seperti kayu penopang atap yang sudah lapuk dimakan rayap. Kondisi ini disebabkan oleh faktor usia bangunan yang sudah cukup tua. "atap banyak yang bocor dan memang harus diperbaiki" ujar salah satu pengelola puskesmas Rumpin.  Saat ini gedung sudah dibangun dan masih dalam proses pembenahan dibagian dalam gedung yang masih kotor. Alat-alat yang berada di gedung lama pun masih dalam proses pemindahan.

Gambar 1.2 Kondisi ruangan gedung baru yang masih dalam proses pemindahan perlengkapan puskesmas/dokpri
Gambar 1.2 Kondisi ruangan gedung baru yang masih dalam proses pemindahan perlengkapan puskesmas/dokpri
                                                         

Sebelum dibangun,jumlah ruangan dan kamar yang ada di gedung lama masih terbatas,sehingga masih banyak masyarakat yang berobat harus menunggu di luar. Banyak warga yang menyayangkan dan mengeluhkan kondisi gedung ini. Beberapa dari warga sudah melaporkan keluhannya kepada pihak terkait.

Setelah adanya pembangunan gedung baru ini,jumlah ruangan dan kamar pun diperbanyak dan areanya lebih luas sehingga masyarakat yang berobat tidak harus lagi menunggu di luar. "alhamdulilah di puskesmas ini fasilitas nya udah cukup lengkap, pelayanannya juga udah bagus,dokter yang nanganin pasiennya juga cepet,cuman satu aja sih gedung lama emang harus udah diperbaiki soalnya atapnya udah banyak yang keropos" ujar Yati salah satu pasien rawat inap di Puskesmas Rumpin.

Gedung baru ini mendapat pendanaan dari Pemkab Bogor. Setiap tahunnya dana bangunan untuk puskesmas ini memang ada namun belum cukup untuk membangun gedung, hanya bisa untuk mendanai masalah perawatan. Adanya pengajuan dari pihak pengelola puskesmas dan koordinasi kepada Pemkab Bogor maka gedung ini pun dibangun. Hal ini serupa dengan ucapan salah satu pejabat desa Rumpin yang membenarkan bahwa perbaikan gedung baru bisa dilaksanakan tahun ini.  Pembangunan gedung baru ini tentunya memudahkan masyarakat dalam berobat.

Tentunya dengan adanya pembangunan gedung baru ini,membuat pengelola ingin memajukan puskesmas ini menjadi lebih baik,terutama pada pelayanan terhadap masyarakat Rumpin. Selain meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,tentunya sarana dan prasana pun lebih memadai. Yati menambahkan,"saya cukup senang ya dengan dibangunnya gedung baru ini,puskesmas jadi lebih maju dan fasilitasnya jadi nambah. Gausah repot-repot harus berobat ke kota cukup disini aja udah bisa ditangani kok. Alat-alat nya juga udah cukup lengkap" .