Mohon tunggu...
Farhan Achmad F
Farhan Achmad F Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Berpikir, bergerak, dan bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Peran Mahasiswa dalam Membangun Ekonomi Indonesia: Perspektif Aktivis dan Entrepreneur

18 Juli 2022   21:47 Diperbarui: 19 Juli 2022   00:56 151 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: Unsplash

Satu lapangan pekerjaan bisa mengurangi satu preman di jalan. Lebih dari itu, untuk menjadi Indonesia kita perlu menjadi 'preman intelektual'. Memang kontroversial, namun kita semua tahu pelajaran PKN atau mata kuliah wajib Pancasila, kita diingatkan kembali mengenai pancasila. 

Semua materi kewirausahaan ada di pancasila. Semua yang lulus sekolah di Indonesia pasti paham mengenai Pancasila karena kita wajib mengikuti. Kenapa saya perlu ingatkan mengenai pancasila? Karena Pancasila kita itu maknanya dalam, bukan hanya sekedar lima sila.

 

Berikut penjabarannya:

 

  • Ketuhanan yang maha esa, 

Kenapa saya sangat cinta dengan bangsa ini? Karena Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk dimana kita dapat bertoleransi satu sama lain. Kita semua dicintai oleh bangsa ini, negara ini maka diberi kesempatan yang sama karena kita satu, kita percaya dengan Tuhan.

 

  • Kemanusiaan yang adil dan beradab, 

Kenapa kita mahasiswa, terlebih mahasiswa entrepreneur entah itu usahanya kecil, mikro, ataupun besar harus fokus ke sila kedua? Karena seperti yang nanti akan dialami, empati itu penting. Simpati dan empati itu penting karena kita manusia yang adil dan beradab.

 

  • Persatuan Indonesia, 

 270 juta penduduk dari sabang sampai merauke dengan berbagai adat, suku, bahasa, agama, ras, tapi kita bisa bersatu. Kita ini sebenernya spesial. Kalo kita spesial jangan lupa, kita harus humble, rendah hati, untuk bersatu. Kalo kita punya kekuatan itu jangan disombongkan, tapi di share agar kita bisa besar. Kemajemukan kita inilah yang indah dan menyatukan kita, Indonesia.

 

  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan