Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Potensi dan Kendala Pengembangan Industri Logistik Tahun 2023

7 November 2022   11:41 Diperbarui: 7 November 2022   11:48 579
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : media indonesia

Secara umum berdasarkan beberapa sumber kita bisa katakan bahwa Logistik adalah sebuah bisnis yang mencakup beberapa komponen didalamnya. Di mana integrasi informasi yang terdapat dalam sebuah bisnis logistic adalah transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistic serta aktivitas yang berhubungan dengan pemaketan produk. 

Berdasarkan kondisi itulah, maka kita pastikan bahwa dalam bisnis dan industri logistic maka kita bisa pastikan bahwa agar industri ini bisa berjalan dengan baik harus ada satu kesatuan visi dan misi diantara komponen yang ada dalam industri logistic. Sehingga bisa di katakan, ketika salah satu komponen dalam industri tersebut tidak dalam kinerja terbaiknya maka sudah bisa di pastikan bahwa industri logistic akan mengalami atau mendapatkan kendala selama proses operasionalnya.

Memang untuk bisa melihat besarnya potensi bisnis yang ada di industri logistic, kita hanya perlu melihatnya dari dua komponen saja yaitu berdasarkan besarnya potensi permintaan ( demand ) yang ada dalam satu periode tertentu serta seberapa besar pasokan ( supply) yang bisa di sediakan dalam satu periode tersebut. Dengan melihat kondisi itulah, baru sector transportasi yang menjadi bagian utama dari industri logistic bisa bekerja dengan maksimal.

Tidak  heran jika pada saat pandemic covid beberapa tahun lalu, perkembangan bisnis dan industri logistic berkembang cukup baik. Berdasarkan informasi yang di dapatkan dari ALI (Asosiasi Logistik Indonesia), selama pandemic covid saja pertumbuhan aktivitas pengiriman barang mampu meningkat sebesar 40%. Sekalipun pada saat itu seperti yang disampaikan oleh ALI kenaikannya lebih banyak disumbangkan oleh industri  penunjang Kesehatan dari mulai  Farmasi, Alat Kesehatan dan tentu saja Barang-Barang Konsumsi.

Melihat Besarnya Potensi Bisnis Logistik di tahun 2023 (Yang katanya akan Resesi )

sumber : liputan6
sumber : liputan6

Jika kita mengacu pada dua komponen diatas terkait perkembangan industri logistic di tahun 2023. Maka ada hal menarik yang bisa kita jadikan acuan untuk melihat seberapa besar potensi bisnis yang ada pada industry logistic:

  • Berdasarkan data yang ada hingga Juni 2022 jumlah penduduk Indonesia berjumlah 275.361.267 jiwa. Dengan jumlah penduduk sekian besarnya maka sudah bisa kita pastikan bahwa permintaan kebutuhan  untuk konsumsi seluruh rakyat Indonesia cukup besar.
  • Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara Kepulauan, sehingga bisa di katakan bahwa pasokan komuditas yang ada di Indonesia juga tersebar di seluruh Indonesia. Ambil contoh untuk produksi beras saja kita bisa lihat saat ini potensinya ada di sekitar 10 propinsi di Indonesia ( seperti misalnya : Jawa Tengah berhasil menghasilkan panen padi : 9.655.653 ton GKG ( setara 5.539.448 ton beras), Jawa Timur dengan potensi 9.580.934 ton GKG  ( setara 5.496.581 ton beras), Jawa Barat dengan potensi :9.084.957 ton GKG ( setara dengan 5.212.039 ton beras).  Serta beberapa potensi yang ada di Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat dan Banten.

Berdasarkan kondisi itulah, maka perlu adanya jalur distributor yang akan mengantarakan produk beras dari sumbernya kepada pengguna ( konsumen pengguna langsung beras). Sehingga jika kondisi ini bisa berjalan dengan lancar, maka sudah bisa di pastikan bahwa jalur logistic di tahun 2023 akan bisa berjalan dengan lancar.

Antisipasi Penguatan Potensi untuk Menunjang  Bisnis Logistik tahun 2023

Meskipun secara hitung-hitungan angka, kita berharap dengan tingginya jalur distribusi yang mesti di jalankan oleh perusahaan jasa logistic yang ada di Indonesia terjadinya resesi bagi industri logistic tidak akan  terjadi. Namun di sisi lain, perlu adanya satu perhatian khusus yang mesti menjadi perhatian bagi para pelaku industri logistic yang ada di Indonesia. Bahwa kedepan industri logistic perlu juga melakukan perkuatan atau penguatan dengan cara meningkatkan efisiensi logistic yang berhubungan dengan rantai pasok dalam rangka mengurangi ketergantungan pasokan yang berasal dari luar negeri.

Karena tidak bisa di pungkiri, pertumbuhan industri logistic yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh dua hal yaitu jalur distribusi yang ada di dalam negeri. Serta jalur distribusi yang ada di manca negara atau luar negeri, sehingga aktivitas ekspor dan impor  bukan menjadi satu kendala ketika terjadinya resesi di luar negeri. Hal itu didasarkan pada satu kondisi bahwa jalur distribusi  yang ada di dalam negeri sudah mencukupi  untuk menghidupkan industri logistic di dalam negeri secara langsung.

Itulah sebabnya, dengan besarnya potensi industri logistic yang ada di Indonesia tahun 2023 yang di prediksi mencapai 156,1 miliar dollar Amerika Serikat. Pada akhirnya akan bisa mencapai angka maksimal jika pada akhirnya terjadi integrasi dan sinkronisasi proses aktivitas bisnis logistic  yang sudah terotomatisasi dan terintegrasi dalam satu sistem yang bernama Integrasi System by Technology.

Kenapa by technology karena kita semua tahu saat ini adalah zamannya Era Industri 4.0 dan kedepan kita akan masuk ke era Society 5.0. Dalam kondisi seperti itu maka semua aktivitas kita atau bisnis sudah harus  terintegrasi dengan  sistem dan technology. Kondisi itulah yang saat ini masih menjadi kendala dalam pengembangan industri logistic di Indonesia. Berdasarkan data hingga saat ini masih banyak pelaku bisnis logistic yang masih bekerja mengandalkan sistem manual. Padahal dengan sistem manual efektivitasnya belum bisa berjalan secara maksimal. Berbeda dengan sistem yang sudah terintegrasi secara sistem dan  technology maka sudah bisa di pastikan bahwa hasil yang akan di capai lebih baik. Karena semua  hal sudah terintegrasi dalam satu kesatuan sistem yang ada.

Itulah beberapa  hal yang bisa menjadi salah satu acuan ketika kita ingin industri logistic di dalam negeri benar-benar  bisa menjadi kunci bagi terbentuknya sistem dan integrasi bisnis logistic  yang ada di Indonesia. Karena kedepan memang sebuah kondisi yang tidak bisa di hindarkan adalah bagaimana kita bisa mengubah ketergantungan jalur distribusi logistic yang ada di luar negeri menjadi jalur distribusi yang dalam negeri. Sehingga besarnya potensi bisnis industri logistic yang ada di dalam negeri benar-benar bisa di andalkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun