Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Strategic Partnership Development Officer

Pakdome adalah sebuah program yang mengedepankan konsep ekosistem logistik dalam negeri. Dimana tujuan dari program ini adalah untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri dan Kantor Agen/Cabang yang di miliki Abang Express ( sebuah perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman ekspor dan impor di Indonesia )

Selanjutnya

Tutup

Financial

Potensi dan Kendala Pengembangan Industri Logistik Tahun 2023

7 November 2022   11:41 Diperbarui: 7 November 2022   11:48 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : media indonesia

Secara umum berdasarkan beberapa sumber kita bisa katakan bahwa Logistik adalah sebuah bisnis yang mencakup beberapa komponen didalamnya. Di mana integrasi informasi yang terdapat dalam sebuah bisnis logistic adalah transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistic serta aktivitas yang berhubungan dengan pemaketan produk. 

Berdasarkan kondisi itulah, maka kita pastikan bahwa dalam bisnis dan industri logistic maka kita bisa pastikan bahwa agar industri ini bisa berjalan dengan baik harus ada satu kesatuan visi dan misi diantara komponen yang ada dalam industri logistic. Sehingga bisa di katakan, ketika salah satu komponen dalam industri tersebut tidak dalam kinerja terbaiknya maka sudah bisa di pastikan bahwa industri logistic akan mengalami atau mendapatkan kendala selama proses operasionalnya.

Memang untuk bisa melihat besarnya potensi bisnis yang ada di industri logistic, kita hanya perlu melihatnya dari dua komponen saja yaitu berdasarkan besarnya potensi permintaan ( demand ) yang ada dalam satu periode tertentu serta seberapa besar pasokan ( supply) yang bisa di sediakan dalam satu periode tersebut. Dengan melihat kondisi itulah, baru sector transportasi yang menjadi bagian utama dari industri logistic bisa bekerja dengan maksimal.

Tidak  heran jika pada saat pandemic covid beberapa tahun lalu, perkembangan bisnis dan industri logistic berkembang cukup baik. Berdasarkan informasi yang di dapatkan dari ALI (Asosiasi Logistik Indonesia), selama pandemic covid saja pertumbuhan aktivitas pengiriman barang mampu meningkat sebesar 40%. Sekalipun pada saat itu seperti yang disampaikan oleh ALI kenaikannya lebih banyak disumbangkan oleh industri  penunjang Kesehatan dari mulai  Farmasi, Alat Kesehatan dan tentu saja Barang-Barang Konsumsi.

Melihat Besarnya Potensi Bisnis Logistik di tahun 2023 (Yang katanya akan Resesi )

sumber : liputan6
sumber : liputan6

Jika kita mengacu pada dua komponen diatas terkait perkembangan industri logistic di tahun 2023. Maka ada hal menarik yang bisa kita jadikan acuan untuk melihat seberapa besar potensi bisnis yang ada pada industry logistic:

  • Berdasarkan data yang ada hingga Juni 2022 jumlah penduduk Indonesia berjumlah 275.361.267 jiwa. Dengan jumlah penduduk sekian besarnya maka sudah bisa kita pastikan bahwa permintaan kebutuhan  untuk konsumsi seluruh rakyat Indonesia cukup besar.
  • Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara Kepulauan, sehingga bisa di katakan bahwa pasokan komuditas yang ada di Indonesia juga tersebar di seluruh Indonesia. Ambil contoh untuk produksi beras saja kita bisa lihat saat ini potensinya ada di sekitar 10 propinsi di Indonesia ( seperti misalnya : Jawa Tengah berhasil menghasilkan panen padi : 9.655.653 ton GKG ( setara 5.539.448 ton beras), Jawa Timur dengan potensi 9.580.934 ton GKG  ( setara 5.496.581 ton beras), Jawa Barat dengan potensi :9.084.957 ton GKG ( setara dengan 5.212.039 ton beras).  Serta beberapa potensi yang ada di Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat dan Banten.

Berdasarkan kondisi itulah, maka perlu adanya jalur distributor yang akan mengantarakan produk beras dari sumbernya kepada pengguna ( konsumen pengguna langsung beras). Sehingga jika kondisi ini bisa berjalan dengan lancar, maka sudah bisa di pastikan bahwa jalur logistic di tahun 2023 akan bisa berjalan dengan lancar.

Antisipasi Penguatan Potensi untuk Menunjang  Bisnis Logistik tahun 2023

Meskipun secara hitung-hitungan angka, kita berharap dengan tingginya jalur distribusi yang mesti di jalankan oleh perusahaan jasa logistic yang ada di Indonesia terjadinya resesi bagi industri logistic tidak akan  terjadi. Namun di sisi lain, perlu adanya satu perhatian khusus yang mesti menjadi perhatian bagi para pelaku industri logistic yang ada di Indonesia. Bahwa kedepan industri logistic perlu juga melakukan perkuatan atau penguatan dengan cara meningkatkan efisiensi logistic yang berhubungan dengan rantai pasok dalam rangka mengurangi ketergantungan pasokan yang berasal dari luar negeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun