Mohon tunggu...
alif akbar
alif akbar Mohon Tunggu... seorang mahasiswa

seorang amatir yang baru saja belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemanfaatan Media Sosial untuk Sosialisasi Pentingnya Mencegah Penularan Covid-19 di Dusun Gupit Kulon

3 Juli 2020   05:37 Diperbarui: 3 Juli 2020   05:35 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Media Sosial untuk Sosialisasi Pentingnya Mencegah Penularan Covid-19 di Dusun Gupit Kulon
dok. pribadi

Oleh : Alif Akbar Pribandono (D0317004)

Dosen Pembimbing Lapangan : Sutrisno Hadi Purnomo S.Pt,M.Si,Ph.D

1/7/2020

Pandemi corona tidak mengurangi semangat KKN oleh mahasiswa UNS, bahkan kampus memberikan kebijakan tentang KKN daring yang sangat adaptif dengan keadaan saat ini.

Kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa UNS di dusun Gupit Kulon desa Kebonagung,kecamatan Sidoharjo,kabupaten Wonogiri, yang dilaksanakan pada 1 mei hingga 19 juni ini memanfaatkan grup whatsapp yang dimiliki dusun sebagai media sosialisasi di tengah pandemi.

Kegiatan sosialisasi gencar dilakukan mengingat kondisi masyarakat yang belum sepenuhnya sadar terkait bahaya,cara mencegah,dan bagaimana yang perlu dilakukan ketika pandemi covid-19 terjadi.

Sosialisasi dilakukan di grup whatsapp dengan menggunakan berbagai media,baik tulisan maupun visual seperti poster yang di share di grup serta di tempel di tempat umum, dan juga video edukasi yang di kreasikan oleh mahasiswa yang disesuaikan dengan kondisi pandemi untuk mengedukasi masyarakat dan memberikan pemahaman terkait pandemi yang terjadi saat ini.

Selain itu mahasiswa KKN juga mengadakan pelatihan baik secara daring maupun luring (tatap muka) dengan protokol kesehatan yang dipatuhi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan untuk menambah skill dan kemampuan pemuda dalam hal ini adalah budidaya dan membuat masker.

Kegiatan pelatihan dipilih agar pemuda yang menanggur dapat memanfaatkan waktu luang untuk tetap produktif namun juga tetap patuh pada protokol kesehatan yang berlaku. Pelatihan yang dilakukan melalui dua tahap,yakni pelatihan menggunakan daring dan di tindak lanjuti dengan pelatihan secara langsung.

Pelatihan yang dilakukan ini memiliki harapan agar pemuda mendapatkan skill yang dibutuhkan di kemudian hari dan mampu menjadi keterampilan yang dapat membantu secara ekonomi.

Selain program pelatihan,mahasiswa KKN juga mengadakan lmba video edukasi tentang covid yang diikuti oleh remaja di dusun gupit. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi yang saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN