Mohon tunggu...
Abdullah Jawwad
Abdullah Jawwad Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gotong Royong untuk Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

13 Juli 2020   06:16 Diperbarui: 13 Juli 2020   06:37 2 0 0 Mohon Tunggu...

WHO (World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia) secara resmi mendeklarasikan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Artinya, Covid-19   telah menyebar secara luas di dunia. Di Indonesia penetapan COVID-19 sebagai bencana nasional mulai berlaku pada hari Senin tanggal 13 April 2020. 

Pada umumnya, Covid-19  menyebabkan gejala yang ringan atau sedang, seperti demam dan batuk, dan kebanyakan bisa sembuh dalam beberapa minggu. Tapi bagi sebagian orang yang berisiko tinggi (kelompok lanjut usia dan orang dengan masalah kesehatan menahun, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes), Covid-19  dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Di karenakan penyebarannya yang sangat cepat meluas, di Indonesia per tanggal 17 Juni 2020, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 adalah 42.762 orang, bertambah sebanyak 1.031 dari hari sebelumnya.

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta saat ini  berjumlah 9.957 kasus, dengan 1.310 orang dirawat, 5.128 orang sembuh, 618 orang meninggal dunia, dan 2.901 orang isolasi mandiri (https://corona.jakarta.go.id/id). Di Jakarta penyebaran Virus Covid-19 sudah tergolong zona merah, namun di daerah RW 06 Kelurahan Srenseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta Covid-19 digolongkan zona hijau karena tidak ada kasus di daerah ini. 

Walaupun tergolong dengan zona hijau seharusnya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, namun terkadang masih banyak masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan tersebut. Masih banyak masyarakat yang berpergian tidak menggunakan masker, tidak mematuhi jaga jarak satu sama lain dan pentingnya menjaga kebersihan tangan.

Dengan program KKN UNS Era Covid-19, penulis (Abdullah Jawwad Ghiyats, E0017003) selaku mahasiswa pelaksana, ikut serta dalam ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan memberikan pencerdasan kepada masyarakat akan pentingnya melaksanakan protokol Kesehatan yang ada seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, physical distancing, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan sehat, serta pentingnya tetap berada di rumah saja untuk menekan angka penyebaran Covid-19. 

Dengan dibantu bapak Dr. Fahru Nurosyid, S.Si.M.Si selaku pembimbing, penulis dapat melaksanakan program KKN dimana program tersebut antara lain ialah membuat kolam benih pembesaran bibit ikan, memberikan pencerdasan kepada masyarakat RT 002/06 Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta tentang ciri dan cara pencegahan Virus Covid-19 disertai memberikan masker ke beberapa warga dan penempelan poster. Pelaksanaan Program KKN UNS Era Covid-19 ini berlangsung selama kurang lebih selama satu bulan di lingkungan RT 002/06 Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

VIDEO PILIHAN