Mohon tunggu...
Abd f Elsanny
Abd f Elsanny Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akademi Televisi Indonesia

Mahasiswa Akademi Televisi Indonesia angkatan tahun 2019

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

"Nasi Jagal", Makanan Legenda Khas Tangerang

23 Oktober 2021   15:49 Diperbarui: 24 Oktober 2021   12:28 199 5 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

TANGERANG - Dari namanya saja kita sudah ngeri untuk membayangkannya yah, apalagi saat mendengar kata "jagal" pasti sudah membayangkan yang sadis-sadis.

Eits, tapi beda nih dengan yang satu ini. Walaupun namanya terdengar sadis, Nasi Jagal adalah kuliner yang paling terkenal dan melegenda loh di Kota Tangerang. Buat kalian yang berada di luar Kota Tangerang wajib sekali untuk mencoba kuliner yang satu ini saat kalian berkunjung ke Tangerang

Nasi dengan potongan-potongan daging kecil yang empuk ditambah dengan bumbu khasnya memang terlihat sangat sederhana, tapi jika anda mencobanya dijamin 1 porsi tidak akan cukup.

Asal mula Nasi Jagal dengan namanya yang unik ini sebenarnya karena kuliner ini berada di dekat kawasan Rumah Potong Hewan milik Pemerintah Kota Tangerang, tepatnya di Jalan Bayur Periuk, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Nasi Jagal ini dulunya dijual oleh orang-orang Madura yang tinggal di Tangerang, mereka mengolah bagian daging sapi yang lembut, seperti bagian kepala, bagian gajih, dan jeroan. Lalu dimasak dengan bumbu kecap khas madura dan dijual kepada para pekerja di penjagalan atau warga sekitar.

Namun karena murah dan rasanya yang enak makanan ini justru menjadi sangat terkenal di kalangan Masyarakat Kota Tangerang. Dan sampai akhirnya sekarang makanan ini menjadi makanan khas Kota Tangerang dan sangat melegenda.

mvi-6041-moment-6173cbf406310e2afb4e3012.jpg
mvi-6041-moment-6173cbf406310e2afb4e3012.jpg

Nasi Jagal khas Tangerang ini hanya terdapat di satu tempat yaitu di daerah Bayur. Letaknya tidak jauh dari Pintu Air Sepuluh Sungai Cisadane. Setidaknya ada lebih dari 6 warung Nasi Jagal yang saling berdekatan dan menjual menu yang sama. Warung-warung ini selalu buka selama 24 jam.

Oh iya, menu di warung-warung Nasi Jagal ini menu utamanya bukan hanya Nasi Jagal saja lho. Ada juga menu Nasi Goreng Jagal, bedanya dengan Nasi Jagal biasa yaitu terdapat pada nasinya saja. 

Namun Nasi Goreng Jagal dimasak dengan daging sapi khas Nasi Jagal sehingga rasanya lebih nikmat daripada nasi goreng pada umumnya. Apalagi jika ditambah dengan sambal goreng yang pedas bakal menambah kenikmatan dari Nasi Jagal atau Nasi Goreng Jagal tersebut.

mvi-6051-moment-6173cbdadfa97e6b633e41d2.jpg
mvi-6051-moment-6173cbdadfa97e6b633e41d2.jpg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan