Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis.

Mencipta wacana bermutu dari sistem berpikir Plato dan Aristoteles. Sarjana Filsafat dari STFK Ledalero sejak tahun 2002 dan seorang guru profesional sejak tahun 2008. Email: mengkakablasius@yahoo.com. --(C)2013-2020.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apakah Keistimewaan dari Yunani Kuno?

3 Juli 2020   11:29 Diperbarui: 3 Juni 2021   12:54 1102 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apakah Keistimewaan dari Yunani Kuno?
Ilustrasi bangunan peninggalan Yunani Kuno (unsplash/hans-reniers)

Banyak orang di Indonesia tahu baik bahwa hal-hal dari Yunani kuno dipakai oleh banyak orang cerdas ketika mereka membahas dalam tulisan dan lisan tentang sebuah topik . Jika kita membandingkan dengan kehidupan Indonesia sekarang hampir tidak berbeda dengan orang Yunani kuno

Orang-orang Yunani kuno juga tinggal di kota-kota dan desa-desa seperti halnya dengan warga Indonesia. Indonesia juga memiliki kota Metropolitan, kota-kota besar dan kota-kota kecil, dengan sisanya tinggal di desa-desa. 

Indonesia memiliki kota-kota terkenal di dunia, seperti: Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makasar, Medan, Kupang, Denpasar, Mataram, dll.

Para warga Yunani kuno juga memiliki banyak konflik dalam kehidupan politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, seperti halnya dengan konflik-konflik di kota-kota Indonesia. Selain memiliki banyak konflik, para warga Yunani kuno juga memiliki banyak persamaan yang mempersatukan, yakni: bahasa, agama, dll.

Baca juga : "Filosofi Teras", Pemikiran Yunani Kuno untuk Panduan Praktis Masa Kini

Penemu Demokrasi

Sama seperti orang Indonesia saat ini, orang Yunani kuno pada awalnya memiliki raja dengan kekuasaan absolut individu, tapi seiring berjalannya waktu, mulai dari Polis Sparta, Polis Mileata dan Polis Athena, akhirnya demokrasi berlaku untuk semua wilayah di Yunani kuno.

Demokrasi adalah sistem pemerintahan rakyat. Semua orang boleh bebas memilih, kecuali para wanita dan para budak dilarang untuk memilih. 

Dengan demikian, orang Yunani juga memiliki gagasan sempit tentang siapa yang boleh memilih dan siapa yang tidak. Hanya bahwa pikiran sempit itu tidak mengubah fakta bahwa orang Yunani kuno adalah penemu demokrasi. Tapi demokrasi bukan merupakan hanya satu-satunya hasil penemuan orang Yunani kuno yang paling terkenal.

Reruntuhan Kuil Poseiden. (Foto: BIldpixel).
Reruntuhan Kuil Poseiden. (Foto: BIldpixel).
Penemu Theater, Olimpiade, Filsafat dan Matematika

Orang Yunani kuno adalah pelopor seni theater dan pendiri Olimpiade. Selain itu, orang Yunani juga telah menulis pemikiran dan pencapaiannya yang memiliki pengaruh paling besar di dunia. Salah satunya ialah filsuf dan ahli Matematika, Pythagoras.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan