Mohon tunggu...
LULUK ARIFATULHIKMAH
LULUK ARIFATULHIKMAH Mohon Tunggu... Guru - GURU TK

Hobi Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penyusunan Best Practice PPG DALJAB Kategori 1 Tahun 2022

28 September 2022   19:48 Diperbarui: 28 September 2022   20:16 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK ABA SIDODADI

Lingkup Pendidikan

PG. PAUD

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan mewarnai pada kelompok B

Penulis

Luluk Arifatul Hikmah, S.Pd

Tanggal

31 Agustus 2022 ( PPL 1 )

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar Belakang masalah dari praktik pembelajaran I adalah

  • Kondisi latar belakang masalah pada kelompok B rata-rata semangat belajar masih rendah dalam kegiatan mewarnai, karena media yang digunakan oleh guru masih kurang menarik minat anak dan guru masih menggunakan media kertas gambar untuk mewarnai.
  • Mengapa praktik ini penting
  • Praktik ini penting karena untuk menumbuhkan semangat belajar mewarnai pada kelompok B dengan menggunakan media vas bunga dari bahan tanah liat secara menyenangkan.
  • Praktik ini penting karena untuk menumbuhkan semangat belajar mewarnai dan untuk meningkatkan motorik halus anak pada kelompok B dengan menggunakan media vas bunga dari bahan tanah liat secara menyenangkan
  • Apa peran dan tanggung jawab guru
  • Sebagai guru berperan sebagai fasilitator, serta motivator agar anak mendapat pendidikn terbaik dan juga samangat belajarnya bisa meningkat selain itu juga bertanggung jawab agar semua peserta didik semangat dalam kegiatan mewarnai

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan dari praktik pembelajaran I

  • Tantangan pada saat kegiatan praktik pembelajaran I adalah mengkondisikan siswa agar mau mengikuti kegiatan karena kelompok B ini karakter anaknya masih ingin bebas bermain, sehingga untuk mengkondisikan anaknya ini membutuhkan kesabaran.
  • Untuk membantu kelancaran pada kegiatan praktik pembelajaran ke I ini maka dibantu oleh guru pendamping

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk menghadapi tantangan dalam praktik pembelajaran ke I yaitu :
  • Mengamati pola-pola tingkah laku peserta didik yang sering muncul berulang manjadi petunjuk adanya masalah
  • Melakukan pendakatan dengan cara memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang sering muncul berulang menjadi petunjuk adanya masalah
  • Berkonsultasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat
  • Menjalin kerja sama dengan orang tua dalam hal memonitor perkembangan pendidikan peserta didik
  • Strategi yang gunakan dalam menghadapi tantantan pada praktik pembelajaran ke I yaitu :
  • Menggunakan metode yang tepat, dan media yang menarik minat anak dalam meningkatkan kemampuan mewarnai pada kelompok B
  • 1. Proses pelaksanaan dalam praktik pembelajaran ke I adalah
  • Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian
  • Menentukkan tema pembelajaran yang sesuai dengan masalah yaitu
  • Menggunakan tema: Lingkunganku
  • Subtema : ruang tamu
  • Sub-sub tema: vas bunga
  • Membuat media inovatif, seperti menampilkan vidio tentang cara emmbuat vas bunga dari tanah liat
  • Menggunakan metode yang tepat
  • Membuat penilaian sesuai dengan kemampuan masing masing peserta didik
  • Agar kegiatan pembelajaran pada praktik ke-I dapat berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan keterlibatan seorang guru pendamping untuk membantu mempersiapkan dan melaksanakan proses pembelajarannya
  • Dalam praktik pembelajaran ke-1 sumber daya atau materi yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran ini adalah kurikulum dan youtube.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak aksi kegiatan praktik pembelajaran ke-1 yang telah dilaksanakan adalah terlihat peserta didik sangat menikmati proses pembelajaran dalam kegiatan mewarnai pada media vas bunga karena biasannya peserta didik hanya mewarnai pada gambar kertas
  • Dalam praktik pembelajaran ke-I hasilnya kurang efektif karena belum menggunakan apersepsi yang lengkap dalam kegiatan pembelajaran.
  • Respon orang lain dalam praktik pembelajaran ke-I terkait dengan strategi yang dilakukan yaitu memberikan respon yang baik dan komentar yang mendukung untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.
  • Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan dalam praktik pembelajaran ke-I adalah anak-anak mampu menyelesaikan tugas pada kegiatan mewarnai di vas bunga dengan menggunakan kuas
  • Apa pembelajaran dari proses tersebut ? terakit dengan praktik pembelajaran ke-1 yaitu dalam meningkatkan kemampuan mewarnai pada kelompok B sebaiknya menggunakan media yang menarik bagi peserta didik sehingga anak-anak sangat antisius dalam melakukan kegiatan mewarnai.

Lokasi

TK ABA SIDODADI

Lingkup Pendidikan

PG. PAUD

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok B

Penulis

Luluk Arifatul Hikmah, S.Pd

Tanggal

12 September 2022 ( PPL 2 )

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar Belakang masalah dari praktek pembelajaran 2 adalah

  • Guru kurang inovatif membuat media pembelajaran yang menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok B
  • Mengapa praktik ini penting
  • Praktik ini penting karena untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok B dengan menggunakan media kantong ajaib dari bahan kain panel sehingga akan menumbuhkan semangat anak dalam mengenal konsep bilangan
  • Apa peran dan tanggung jawab guru
  • Saya berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses kegiatan pembelajaran secara kreatif dengan menggunakan metode, media dan model pembelajaran yang tepat dan  inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan aspek sehingga tujuan pembelajaran dan aspek perkembangan anak dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan dari praktik pembelajaran ke 2

  • Tantantanya pada saat kegiatan praktik pembelajaran ke 2 tentang kegiatan membuat mahkota dari daun nangka ada sebagian anak yang belum mampu membuat mahkotanya sendiri, sehingga perlu didampingi secara sabar agar peserta didik mampu membuat mahkota dari daun nangka
  • Untuk membantu kelancaran pada praktik pembelajaran ke 2 tentang kemampuan meningkatkan konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok B maka saya dibantu oleh guru pendamping

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk menghadapi tantangan dalam praktik pembelajaran ke 2 yaitu :

  • Saya akan melakukan pendekatan khusus kepada peserta didik yang belum mampu melakukan kegiatan dalam pembelajaran membuat mahkota dari daun nangka
  • Melakukan demonstrasi secara detail terkait kegiatan dalam membuat mahkota dari daun nangka sehingga nanti anak akan mampu berkreasi sendiri

Strategi yang gunakan dalam menghadapi tantangan pada praktik pembelajaran ke 2 yaitu :

menggunakan  media yang menarik buat anak dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok B, yaitu berupa kantong ajaib dari bahan kain panel warna warni

Proses pelaksanaan dalam praktik pembelajaran ke 2 adalah :

  • Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian
  • Menentukan tema pembelajaran yang sesuai dengan masalah yang ambil yaitu :
  • Menggunakan tema: tanaman
  • Sub tema: tanaman buah
  • Sub-sub tema: buah nangka
  • Menampilkan vidio tentang tanaman buah nangka
  • Membuat media yang menarik unruk anak dalam kegiatan
  • Membuat penilaian yang sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik

  • Dalam praktik pembelajaran ke 2 agar kegiatan berjalan dengan baik meminta tolong guru lain untuk membantu dalam mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan di dalam kelas

  • Dalam praktik pembelajaran ke-2 sumber daya atau meteri yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu menggunakan RPPM, dan prota yang ada disekolah

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak aksi kegiatan praktik pembelajaran ke-2 yang telah dilaksanakan adalah terlihat peserta didik sangat menikmati pada kegiatan melempar dadu karena menggunakan media yang menarik untuk anak yaitu kantong ajaib untuk mengenalkan konsep bilangan 1-10.

Dalam praktik pembelajaran ke-2 hasilnya kurang efektif karena masih ada anak-anak yang belum mampu membuat mahkota dari daun nangka.

Respon orang lain dalam praktik pembelajaran ke-2 terkait dengan startegi yang dilakukan yaitu memberikan respon yang baik dan memberikan arahan yang positif untuk keberlanjtan pembelajaran yang selanjutnya.

Faktor keberhasilan dari strategi yaitu dengan menggunakan media kantong ajaib dan juga dengan menggunakan daun nangka untuk dibuat mahkota maka akan menjadikan keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan  mengenal konsep bilangan 1-10 dikelas

Apa pembelajaran dari proses tersebut terkait dengan praktik pembelajaran ke-2 yaitu dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 harus menggunakan media yang menarik minat anak seperti dengan menggunakan media kantong ajaib sehingga akan memudahkan anak dalam melakukan kegiatan mengenal konsep bilangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun