Mohon tunggu...
019 Dimas Fajar Maulana
019 Dimas Fajar Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Fiat Justitia Ruat Caelum

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Terobosan Peluang Berwirausaha Di Masa Pandemi Covid-19 Oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo

1 Agustus 2021   15:19 Diperbarui: 1 Agustus 2021   15:55 60 1 0 Mohon Tunggu...

Adanya pemberlakuan PPKM darurat selama bulan Juli-Agustus di Indonesia karena peningkatan laju penyebaran covid-19. Oleh karena itu ada beberapa sektor penting di Indonesia yang melemah, salah satunya yang cukup signifikan yakni sektor ekonomi. Tidak sedikit orang atau kelompok selaku pelaku usaha yang mengalami penurunan hasil penjualan atas usaha yang dimillikinya. Maka dari itu muncul suatu gagasan atau ide kreatif dari Mahasiswa Kelompok 13 KKN MIT DR-XII UIN Walisongo Semarang.

Gagasan wirausaha tersebut yakni akesoris masker berupa “strap mask” yang mana dapat digunakan oleh siapa saja dan mempermudah dalam penggunaan masker sebagai alat pelindung diri sesuai anjuran dalam protokol kesehatan masa pandemi covid-19. Diharapkan ide atau gagasan tersebut dapat menginspirasi beberapa orang untuk membuka peluang dalam berwirausaha, usaha kecil tidak menjadi alasan untuk takut memulai bisnis. Dengan adanya saran tersebut bisa menjadi motivasi untuk mendorong masyarakat supaya bisa bertahan dan melewati masa PPKM tahun ini.

Saat ini masker menjadi salah satu barang yang esensial wajib digunakan ketika keluar rumah, banyak orang pun berusaha berinovasi untuk membuat masker yang tak hanya sekadar aman digunakan dalam proker, namun juga bisa terlihat modis saat digunakan. Misalnya saja inovasi dalam membuat masker kain dengan motif-motif yang unik, bentuk masker anti pengap, hingga yang terbaru adalah inovasi strap mask atau tali khusus untuk masker.

Strap mask memang tengah menjadi tren di kalangan anak muda khsusunya. Strap mask umunya terbuat dari manik-manik dengan warna-warna yang sangat lucu dan menggemaskan dan bisa dibuat dengan bahan tali khusus seperti tali paracord, prusik, dll. Adapun fungsi dari strap mask itu sendiri adalah untuk menggantungkan atau mengalungkan masker, saat masker sedang tidak digunakan (misalnya saat minum atau makan).

Mahasiswa KKN MIT DR-XII UIN Walisongo khususnya kelompok 13 membuat video tutorial yang diunggah di platform social media, Youtube. Supaya mempermudah dan mengetahui proses pembuatan strap mask tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan ditonton pada kanal Youtube Kelompok 13 KKN MIT DR XII. Atau akses link https://www.youtube.com/watch?v=9iuAQGoIhwE&t=64s

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN