HIGHLIGHT

Jadilah Pengemudi Kendaraan yang Baik (Pesan dari ECO Driving)

23 Oktober 2012 05:02:01 Dibaca :
Jadilah Pengemudi Kendaraan yang Baik (Pesan dari ECO Driving)

Senin, 22 Oktober 2012 saya terkena musibah yang tak pernah saya duga sebelumnya. Sekitar pukul 05.25 wib pagi, mobil Avanza Hitam yang saya kemudikan ditabrak oleh sepeda motor. Pengemudi motor rupanya hendak menyalip saya yang akan belok ke kanan. Tabrakanpun tak bisa dihindarkan. Terdengar suara kencang "BRAK", dan itu terjadi hanya hitungan detik saja.

Saya kaget luar biasa. Tahu-tahu sudah ada di depan mobil saya sebuah sepeda motor. Penumpangnya tertindih sepeda motornya sendiri, dan segera saya turun dari mobil untuk menolongnya. Untunglah pengemudi motor tidak mengalami cidera berat. Pinggang kanannya terasa bergeser sehingga sakit bila berjalan. Saya pun segera meminta nomor ponsel keluarganya yang bisa dihubungi. Alhamdulillah, rumahnya dekat dengan lokasi kejadian dan keluarganya segera datang menolong.

Saya ceritakan kepada mereka kejadiannya, dan saya katakan bahwa saya sudah memberikan lampu sen ke kanan, tetapi pengemudi motor terus saja hendak melewati saya. Menurut pengakuannya, dia berpikir bisa melewati mobil saya. Ternyata feelingnya meleset, dan terjadilah tabrakan yang tak bisa dihindari. Mobil sayapun langsung saya masukkan bengkel di auto2000 Pramuka siang harinya. Untunglah masih asuransi sehingga tak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Mobil penyok sedikit di bagian kanan depan di atas roda kanan.

Mobil avanza saya penyok sedikit di bagian kanan roda depan

Ambil hikmah dibalik musibah. Saya belajar dari kejadian itu. Ugal-ugalan di jalan menyebabkan orang lain menjadi korban. Saya pun teringat kembali dengan presentasi ECO Driving hari Minggu, 21 Oktober 2012 di acara ultah komunitas mobil nissan Juke. Bila kita mengemudikan kendaraan, selain harus bisa menyelamatkan diri sendiri, kita harus mampu menyelematkan orang lain. Jangan sampai terjadi kecelakaan karena cara kita mengemudikan kendaraan yang kurang baik. Saya pun menjadi introspeksi diri karena tidak dalam keadaan waspada.

Berikut ini saya tampilkan isi slide presentasi Eco Driving, dan anda bisa melihatnya secara lengkap di facebook omjay di sini.

13509649311013141551Presentasi dari materi ECO Driving

1350966155165233193Pengemudi harus berpikir jauh ke depan dan selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi

Sebagai seorang pengemudi yang baik, kita harus melakukan defensive driving, yaitu perilaku mengemudi yang dapat membuat kita terhindar dari masalah, baik yang disebabkan oleh orang lain atau diri kita sendiri. Lebih merupakan pendekatan intelektual tentang bagaimana cara mengemudi dengan aman, benar, efisien, dan bertanggungjawab.

1350965765344811918Presentasi Materi Eco driving dan hemat BBM dari Mas caraka

13509659175715529604 Kunci Menjadi Pengemudi Defensive

Materi Eco Driving yang disampaikan oleh Mas Caraka dalam acara ultah mobil nissan juke memang sangat baik sekali, dan ini sangat perlu diketahui oleh para pengemudi kendaraan bermotor lainnya. Mereka harus mampu menjaga kewaspadaan (Alertness), kesadaran (Awareness), perilaku (Attitude), dan antisipasi (Anticipation) ketika mengemudi. 4 kunci menjadi pengemudi defensive yang disampaikan oleh Mas Caraka sangat bagus sekali diterapkan oleh para pengemudi.

Pengemudi yang defensive adalah pengemudi yang mampu mengemudikan kendaraannya dengan tenang (tidak tegang). Tidak mudah terprovokasi dan mampu mengantisipasi situasi kondisi lalu lintas di sekitarnya. Itulah bagian slide ICO driving yang menurut saya sangat penting.

Pengemudi kendaraan juga harus proaktif dan reaktif. Artinya mampu memiliki mental yang tangguh sehingga mampu meminimalkan resiko kecelakaan, dan mampu mengemudikan kendaraan dengan terampil. Pengemudi yang proaktif tidak akan tergoda bila melihat wanita cantik dan seksi di depan mata ketika sedang mengemudi. Konsentrasinya tetap pada kendaraan yang dibawanya dan tidak melenceng menabrak pagar jempatan atau hal lainnya.

Dalam materi ECO Driving diputarkan film atau video contoh-contoh kecelakaan yang terjadi akibat perilaku pengemudi yang kurang baik. Saya pun merasakan, bila kita menjadi pengemudi kendaraan yang baik, maka kita akan membawa hal baik kepada diri sendiri dan orang lain.

Masih banyak materi yang disampaikan dalam ECO Driving. Termasuk juga posisi duduk pengemudi, dan bagaimana memperlakukan kendaraan sehingga hemat BBM. Untuk hal ini, saya akan ceritakan dalam postingan lainnya. Juga bagaimana mengemudi atau memegang kemudi dengan posisi jam 9 dan jam 3.

Akhirnya, saya mengajak anda semua untuk menjadi pengemudi kendaraan yang baik. Ketika kita berada di jalanan, maka kita harus senantiasa waspada. Harus mampu menjaga kesadaran diri, dan lebih baik berhenti ketika mata sudah mengantuk. Cerita itulah yang saya dapatkan dari pengemudi kendaraan motor yang menabrak mobil saya, dan saya jenguk sore hari di rumahnya di utan kayu. Menurutnya, ketika mengemudikan motor dia dalam keadaan mengantuk, dan kurang menyadari kalau ada mobil di depannya. Sebagai pengemudi mobil, saya tetap harus bertanggungjawab sebab sayapun kurang mengantisipasi keadaan ini, dan tidak menyadari kalau ada perilaku yang kurang baik ada di belakang saya. Terjadilah tabrakan yang tak bisa dihindarkan. Saya pun belajar dari kejadian ini. Yuk kita menjadi pengemudi kendaraan yang baik!

13509673381888735916

https://www.facebook.com/wijaya.kusumah

https://www.facebook.com/wijaya5445454545?ref=tn_tnmn

https://twitter.com/wijayalabs

Dah bs nyetir mayic om? @wijayalabs: Seandainya Hadiah Ultahku Mobil Nissan Juke #1stJukeDay http://kom.ps/ACdZKo via @kompasiana

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Wijaya Kusumah

/wijayalabs

TERVERIFIKASI (BIRU)

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?