HIGHLIGHT

Sigapnya Partai Politik, Caleg dan Cabup Bagi-bagi Sembako, Sodaqoh, dan Zakat

18 Agustus 2012 13:59:35 Dibaca :

Berawal kedatangan perwakilan Tukang Becak dan Tukang Ojek yang biasa mangkal di sekitar bundaran Patung Gatot Soebroto Purwokerto menemui saya, mereka sebut saja namanya Kang Nardi dan Kang Darso, mewakili teman-teman mereka meminta Zakat dengan menyerahkan dua lembar daftar berisi nama-nama tujuhbelas tukang becak dan sembilan Tukang Ojek. Judulnya Daftar Penerima Sodaqoh/ Zakat/ Sembako Paguyuban Tukang Becak Bunderan Berkoh pun demikian Tukang Ojek dan di bawahnya ada empat kolom, Nomor, Nama, Alamat dan Tanda Tangan. Di bawahnya ada tanda tangan Ketua masing-masing Paguyuban. Purwokerto, 14 Agustus 2012.

Menerima daftar tersebut saya keberatan sebab selama ini zakat saya salurkan ke Panti Asuhan. sayapun menyampaikan keheranan baru tahun ini ada daftar seperti itu? Namun keheranan saya terjawab, menurut ceritanya pembuatan daftar tersebut dikarenakan sejak Minggu pertama Ramadhan mereka sering kedatangan pengurus berbagai Partai, Caleg dan Cabup Daerah yang membagi sembako, sodaqoh dan Zakat, disetiap kedatangannya diminta daftar nama anggota paguyubannya guna tanda terima. Masih menurut cerita mereka ada salah satu Partai baru, membagi sembako ‘di tukar’ fotocopy KTP. Dari penjelasannya, seketika saya jadi ingat ada dua teman yang akan maju jadi Caleg dan Cabup di Banyumas. menurut penuturannya nama Caleg dan Cabup ini (Maaf namanya tidak bisa saya sebutkan) belum pernah memberi baik Sembako, sodaqoh / Zakat. Maka daftar mereka saya bawa ke Caleg dan Cabup dengan syarat saya tidak menjanjikan apapun. Sekedar informasi pencalonan caleg DPRD dan Cabup Banyumas diam-diam sudah marak, untuk Cabup Banyumas rencana pemilihannya bulan Februari 2013.

Ternyata pengajuan mereka di kabulkan, pada tanggal 17 Agustus 2012 sekitar Pukul 17.15 WIB saya dapat SMS dari si Caleg, telah mengirim Sembako ke pangkalan Tukang Ojek dan Becak. Sedang si Cabup tanggal 18 Agustus 2012 sekitar pukul 15.00 WIB memberitahu via SMS sedang membagi Zakat pada Tukang Becak dan Ojek. Berhubung saya sibuk jualan jadi tidak menyaksikannya. Dalam hati saya bersyukur, semoga para tukang Becak dan Ojek bisa berlebaran bersama keluarga masing-masing penuh bahagia di hari kemenangan, amin.

Singgih Swasono

/satejamur

TERVERIFIKASI (HIJAU)

saya usaha di bidang Kuliner, dan pendiri sanggar Seni Kriya 3D Banyumas 'SEKAR'. 08562616989 - 089673740109 satejamur@yahoo.com - indrisekar@gmail.com https://twitter.com/aaltaer7
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?