PILIHAN

Menghadirkan Masa Depan Bangsa Lewat Interaksi Digital

28 Februari 2017 17:00:24 Diperbarui: 28 Februari 2017 18:03:10 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Vlogger, youtuber, selebgram, cover singer, blogger, freelance.

Ahh banyak pekerjaan baru yang lahir di masa ini. Salah satu pendukungnya tentu perkembangan teknologi dan kualitas internet yang semakin baik. Apalagi setelah Telkom Indonesia yang merupakan perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi terlengkap se-Indonesia meluncurkan Satelit Telkom 3S, yang akan semakin mendukung jelajah angkasa semakin kuat dan cepat.

Peningkatan kualitas jaringan internet di Indonesia semakin mendukung perubahan budaya, sumber daya dan pekerjaan kita. Interaksi digital ini menghasilkan banyak lapangan pekerjaan baru dan semakin meningkatkan kualitas pekerjaan yang sudah ada sebelumnya.

Pemanfaatan media sosial seperti instagram dan facebook sangat membantu usaha kecil/besar untuk marketingproduknya. Iklan tidak hanya melalui televisi saja, kita sudah terbiasa dengan iklan internet seperti youtube atau adsdi website atau aplikasi. Dengan iklan ini semakin banyak pula pihak yang di untungkan. Atau yang lebih umum yang kita kenal sebagai endorse produk. Selain biaya nya yang bervariatif, media sosial juga lebih dekat dengan masyarakat sekarang.

Interaksi digital yang semakin berkembang ini meningkatkan rasa berbagi masyarakat yang tak melulu dari segi materi saja. Dengan budaya berbagi ini semakin banyak ide yang lahir.

Salah satu budaya yang berubah adalah selera makan. Sekarang makan bukan cuma sekedar ngejar rasa saja, tetapi gimana makanan punya nilai tinggi dan instagram-ableistilahnya. Otomatis mas/mbak koki semakin semangat buat eksplor dan meningkatkan seni masaknya. Tempat makan juga menjadi penting, artinya permintaan design interiorsemakin meningkat. Nah pengangguran semakin berkurang kan?

Bekerja freelance(kerja lepas) juga semakin membudaya. Lowongan pekerjaan yang semakin banyak dan akses internet semakin mendukung pekerjaan ini terlaksana, bahkan untuk proyek beda negara.

Nah dengan semakin meningkatnya kualitas internet Indonesia, sistem kerja remote juga telah diberlakukan untuk beberapa perusahaan. Terutama untuk perusahaan yang bekerja di bidang teknologi atau design. Asik kan? Sistem kerja remoteini juga bisa jadi solusi yang bagus buat menangani jalanan Jakarta yang padat. Seenggaknya kita bisa berkontribusi sedikit buat bantu pemerintah kita kan? Buat wanita yang suka dandan juga bisa hemat make up karna enggak perlu ke kantor. Setuju? Hehe

Salah satu impian yang pasti akan terwujud, jika suatu saat akan ada banyak fulltime ibu rumah tangga yang tidak menutup diri untuk memanfaatkan kemajuan teknologi. Tetap menjalankan tanggung jawab mulia sebagai seorang istri dan ibu yang dapat memantau anak fulltime, dan juga memiliki penghasilan sendiri untuk meringankan beban suami.

 Mulai dari vlogger atau blogger memasak, kerajinan tangan atau diy, gaya hidup sehat, olahraga dan berbagi tips. Nah kalo sudah begini, generasi muda bangsa kita dapat bertumbuh dengan kasih sayang yang cukup, dengan tumbuh kembang yang terkontrol. Masalah krisis kasih sayang terhadap anak, penyiksaan anak oleh pengasuh, penculikan dll tentunya berkurang dan menghasilkan generasi bangsa yang bahagia.

Dan sadarkah kita berbagai pekerjaan yang lahir di tengah kita, lama-lama akan mengubah paradigma masyarakat tentang bekerja yang keren dan produktif itu dilakukan oleh karyawan yang bekerja di kantoran. Jadi pemikiran masyarakat akan semakin terbuka dan mau menerima hal baru. Sekarang siapa pun bisa jadi keren dan sukses selama mau memanfaatkan sumber daya yang ada.

Perlu di ingat juga, perkembangan teknologi memang dapat menggantikan pekerjaan manusia, tapi dengan demikian kita harus lebih kreatif dong menghasilkan pekerjaan baru. Selanjutnya pekerjaan seperti apa yang lahir lewat perkembangan internet yang semakin kece ini?


KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana