Mohon tunggu...
Lim Setiawan
Lim Setiawan Mohon Tunggu... Administrasi - Belajar melepas dengan berbagi

Belajar melepas dengan berbagi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Kepedulian yang Sederhana

8 September 2017   21:26 Diperbarui: 9 September 2017   21:53 3151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjelang siang hari saya baru menyadari air keran di rumah yang biasanya mengalir kencang kini hampir berhenti ketika keran dibuka. Saya coba memeriksa meteran saluran air di luar rumah. Saya dapati air merembes keluar mengalir cukup deras dari pipa yang bocor pada bagian sebelum masuk ke meteran.

Ini berarti saya harus menghubungi pihak PAM, yang dalam hal ini adalah Water Corporation Western Australia. Ya, saya bermukim di Kota Perth, Australia Barat. Saya segera menghubungi nomor aduan yang didapat dari website mereka. Setelah menanyakan lokasi, petugasnya memastikan akan segera mengirimkan teknisi untuk memperbaikinya. Teknisinya datang memperbaikinya sekitar 3 jam setelah saya telpon. Semuanya berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Yang ingin saya ceritakan sebenarnya adalah tentang kepedulian sederhana dari orang-orang sekitar yang tidak kita kenal. Beberapa saat sebelum saya mendapati air keran tidak mengalir, saya merasakan ada yang mengetuk pintu depan tapi saya tidak begitu memerhatikannya. Mungkin dia yang telah mematikan keran utama di meteran air untuk memberi pesan adanya masalah air kepada tuan rumah. 

Saya sempat mengambil surat-surat dari kotak pos ketika saya keluar memeriksa meteran air tadi, dan saya dapati satu catatan dari petugas PLN-nya di sini, Western Power.

Berdasarkan tanggal catatan petugas ini, ternyata bocornya saluran air telah terjadi paling tidak sudah sejak dua hari yang lalu. Petugas listriknya pasti melihat kebocoran ini waktu melakukan pemeriksa rutin meteran listrik dari rumah ke rumah. Dia meninggalkan catatan menggunakan kartu yang dia biasa pakai kalau ada masalah bacaan meteran listriknya.

"Halo, saya melihat meteran air anda kelihatannya bocor. Banyak sekali air yang keluar dari tanah. Mudah-mudahan ini bisa diperbaiki"

Meski saya lebih dulu menemukan pipa yang bocor daripada catatan petugas ini, saya tetap menghargai bahwa ada orang yang memberikan perhatian dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Ini mungkin kelihatannya hanyalah kepedulian sederhana, tapi bisa menandakan suatu kehidupan kemasyarakatan yang sehat di mana orang peduli akan lingkungannya dan mau berbuat sesuatu untuk mengingatkan yang lain atau hanya sekedar membuat perubahan kecil yang bermanfaat. 

Sebagai rasa terima kasih saya kepada petugas tersebut, saya mengirimkan ucapan terima kasih lewat website Western Power dan menceritakan catatan kecil ditinggalkan oleh petugasnya.

Kepedulian itu bisa sangat sederhana...

08/09/2017

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun