HIGHLIGHT

Etika Men-share Tulisan Orang Lain

22 Juni 2012 17:11:56 Dibaca :

Saya terkadang suka iseng search di google dengan menulis nama sendiri, setidaknya untuk melihat sejauhmana mendiasphora nya aktifitas saya menulis dan berinteraksi di dunia maya. Blog keroyokan Kompasiana ini dan juga blog pribadi saya sendiri menjadi kanal bagi saya untuk menuangkan berbagai ide dan gagasan serta pengalaman yang pernah saya alami.

Bagi saya, aktifitas menulis merupakan hobby yang diniatkan semata-mata ibadah dengan memberi manfaat melalui tulisan. Jika ada hikmah dan kemanfaatan tentunya dari apa yang saya tulis itu. Sehingga saya tak pernah memikirkan apakah postingan tulisan saya itu di HL kan, Terekomendasi atau ter-ter lainnya oleh Kompasiana, atau mendapatkan banyak respon pembaca berikut komentar-komentarnya.

Hanya secara manusiawi tentu wajar jika ada rasa senang jika tulisan kita diapresiasi oleh admin juga oleh para kompasianers yang lain dengan berkenan mampir membaca dan menuliskan sedikit tanggapan atau komentar atau memberi nilai. Secara manusiawi juga kita merasa senang dan bahagia jika tulisan-tulisan kita di share lagi melalui blog-blog pribadi para pembacanya.

Nah dalam hal men share tulisan orang lain di blog pribadi kita, ada baiknya bahkan sepantasnya kita mencantumkan nama penulisnya termasuk diambil darimananya tulisan itu. Saya tentu tidak berpretensi hanya tulisan saya saja, semua tulisan para kompasianers ketika di share oleh pembaca Kompasiana di blog pribadinya, sepantasnya dicantumkan nama penulis dan link nya, Dan janganlah sampai mengganti judul aslinya. Karena bagaimanapun hal itu menunjukan kejujuran kita dalam hal kreatifitas menulis.

Saya dan juga mungkin banyak Kompasianers lainnya tak mempermasalahkan jika tulisan-tulisan kita di Kompasiana di share ke blog pribadi para kompasianers, tapi kita harus membangun sebuah etika keadaban dalam dunia keilmuan. Karena dari sanalah kita akan berproses menjadi sebuah bangsa yang menghargai karya-karya intelektual anak bangsa.

Mari terus menulis, dan menyebarkannya pada setiap layar kaca kecil di ruang dunia maya. Jika dengan menulis kita mendapatkan angka 7, maka anda yang berkenan membacanya akan mendapatkan nilai 8, dan jika anda men share di blog atau FB anda serta media sosial lainnya, maka anda akan mendapatkan nilai 9...

Menulis, menyebarkan kebaikan. Menyebarkannya, melipatgandakan kebaikan.

Selamat menulis, Dan Selamat Men-Share dengan khusnun niyat dan kejujuran...Salam.

Usman Kusmana

/kusmanausman

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Menulis itu kerja pikiran, yang keluar dari hati. Jika tanpa berpadu keduanya, Hanya umpatan dan caci maki. Menulis juga merangkai mozaik sejarah hidup, merekam hikmah dari pendengaran dan penglihatan. Menulis mempengaruhi dan dipengaruhi sudut pandang, selain ketajaman olah fikir dan rasa. Menulis Memberi manfaat, paling tidak untuk mengekspresikan kegalauan hati dan fikir. Menulis membuat mata dan hati senantiasa terjaga, selain itu memaksa jemari untuk terus bergerak lincah. Menari. Segemulainya ide yang terus meliuk dalam setiap tarikan nafas. Menulis, Membuat sejarah. Yang kelak akan dibaca, Oleh siapapun yang nanti masih menikmati hidup. Hingga akhirnya Bumi tak lagi berkenan untuk ditinggali....
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?