Mohon tunggu...
Fazil Abdullah
Fazil Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis itu berat, Sayang. Kau harus sediakan waktu dan dunia, yang seringnya tidak bersahabat.

Cerpen Perempuan yang Meminta Rokokmu dan Mogok di Hutan mendapat penghargaan dari Kompasiana (2017 dan 2018). _____________________________________________ linktr.ee/fazilabdullah 👈 merupakan pintu masuk menuju dunia karya saya. silakan masuk dan jelajahi.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

[Cerpen] Seorang dari Masa Lalu yang Jauh, Melipat Waktu, dan Menjenguk Masa Kini

18 April 2017   18:46 Diperbarui: 19 April 2017   22:08 1593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi/Kompasiana (kfk.kompas.com/senimanfoto)

Ia adalah seseorang yang hidup pada masa yang sangat jauh. Masa manusia bisa terbang, mengeluarkan api dari tangan, menggeser gunung, menggerakkan air dan angin. Hidup tanpa perlu rumah. Alam adalah sejatinya rumah mereka. 
Ia punya kemampuan supercepat melebihi kecepatan cahaya. Mampu melipat waktu kini dan masa depan. Karena kemampuan dan kekuatan ini, dilipatlah waktu. Ia datang, menjenguk pada masa kini.

Setelah melihat yang terjadi pada zaman kini, ia bersedih. Manusia kini dilihatnya tak lagi mengenal akan dirinya, akan kemampuan dan kekuatan dalam dirinya. Manusia kini mencari kekuatan dan kemampuan pada benda-benda yang diciptakan.

Ia tak tahan untuk tak memekik dalam diri, "Kekuatan dan kemampuanmu ada dalam dirimu. Pakai itu. Tak perlu pakai benda-benda yang menjauhkanmu dari kemampuan dan kekuatanmu sendiri." Akan tetapi, kata-katanya hanya bisa didengar tanpa bisa manusia kini pahami dan hayati lagi.

***

Pada masanya, ia tak perlu kertas untuk menulis, cukup lisan. Semua tersimpan dan tertata di dalam jiwa. Melebihi dari komputer dan internet yang kata manusia kini adalah penemuan paling canggih dan fenomenal.

Ia tak perlu internet atau telepon untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Cukup pencet yang ada dalam diri, mengeluarkan sinyal, lalu diperantarai alam, terhubunglah pada siapa yang hendak diajak komunikasi. Tak perlu tenteng-tenteng gadget itu.

Masa itu tak perlu sepeda, motor, mobil, atau pesawat. Cukup ringankan tubuh atau menyatu bersama angin atau cahaya, lalu melesat ke mana pun hendak pergi.

Masa itu tak perlu narkoba dan pornografi untuk mencari kenikmatan sesaat. Mencapai kenikmatan hal demikian adalah sepele, remeh-temeh. Jika mau begitu, cukup bayangkan, lalu masuki bayang itu, lalu bersetubuh dan bernarkobalah sesukamu.

Tapi masanya, hal begitu adalah selera dan kenikmatan terendah dari tangga-tangga kenikmatan tertinggi. Tak terlalu berasa perbuatan begitu. Hanya seperti sebatas minum tanpa diawali haus. Ya begitulah rasanya. Persetubuhan hanya semata untuk berkembang biak. Itu saja. Tanpa tendensi sebagai jalan mencari kenikmatan.

Beragam tangga-tangga kenikmatan pada masanya. Puncak kenikmatan tertinggi adalah terhubung dan mampu tersentuh dekat dengan Sang Pencipta Kenikmatan itu.

Masanya, manusia-manusia berlomba-lomba mengejar, menghubungi, dan mencoba bersentuhan dekat dengan Sang Pencipta Kenikmatan. Karena itulah, manusia pada masanya banyak menghilang dari bumi. Ketika hendak bersentuhan dekat dengan Sang Pencipta Kenikmatan, manusia harus memasuki terlebih dahulu Ruang-Ruang Kenikmatan. Ketika berhasil masuk, manusia itu tak mau lagi keluar dari sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun