Mohon tunggu...
Muhammad Mulky Al Haramein
Muhammad Mulky Al Haramein Mohon Tunggu... Mahasiswa - Akademisi Bersarung

Usaha Tidak Pernah Mengkhianati Hasil

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Metamorfosis Kehidupan Manusia: Trilogi Perubahan dari Masa Lalu, Masa Kini, hingga Masa Depan

5 Maret 2024   17:54 Diperbarui: 5 Maret 2024   18:08 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan Kreatif (Sumber: aisolakhmad.blogspot.com)

Metamorfosis adalah transformasi biologis pada hewan yang mengalami perubahan dalam penampilan fisik dan/atau struktur setelah fase kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik tersebut terjadi karena pertumbuhan dan diferensiasi sel yang mengalami perubahan radikal.

Pembahasan ini memang tidak berkaitan langsung dengan aspek biologis metamorfosis seperti yang didefinisikan sebelumnya. Melainkan, fokusnya adalah pada realitas perubahan yang terus-menerus dalam kehidupan kita. 

Meskipun demikian, konsep metamorfosis pada hewan atau serangga tetap dapat menjadi metafora yang kuat untuk menjelaskan dinamika kehidupan manusia. Kehidupan, seperti halnya metamorfosis dalam dunia hewan, merupakan suatu proses yang dinamis dan terus berubah.

Metamorfosis kehidupan dalam konteks yang lebih luas mengacu pada transformasi besar yang dialami seseorang dalam berbagai aspek kehidupannya. Ini bisa mencakup perubahan dalam pikiran, emosi, atau spiritualitas, serta perubahan dalam karir, hubungan, atau kondisi kehidupan secara keseluruhan. 

Analogi dengan metamorfosis hewan atau serangga, proses ini menggambarkan bagaimana seseorang berkembang dan berubah seiring waktu, mencapai tahap-tahap baru dalam perjalanan hidup mereka.


Metamorfosis sempurna kupu-kupu melibatkan perubahan bentuk dan perilaku yang signifikan selama proses perkembangannya. Dimulai dari telur, melalui tahap ulat atau larva, kemudian ke tahap kepompong atau pupa, hingga akhirnya mencapai tahap dewasa atau imago. 

Analoginya, metamorfosis kehidupan manusia bisa disamakan dengan proses metamorfosis kupu-kupu yang mencakup perubahan pada titik tertentu dalam waktu. Kehidupan manusia terikat pada trilogi perubahan dimensi, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan, yang membentuk narasi perkembangan yang kompleks dan terus berubah.

Dimensi masa lalu mencakup rentang waktu yang telah terjadi dan tidak dapat diulang kembali. Ini adalah jejak waktu yang membentuk sejarah individu atau masyarakat, dengan segala peristiwa, keputusan, dan pengalaman yang telah terjadi. Masa lalu adalah cermin dari apa yang telah kita alami dan pelajaran berharga yang dapat kita petik untuk membentuk masa depan.

Dimensi masa kini adalah saat ini, momen yang sedang kita alami dan jalani dalam kehidupan kita. Ini adalah titik fokus di mana kita dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar, membuat keputusan, dan mengambil tindakan. Masa kini adalah panggung di mana kita memainkan peran kita dalam cerita hidup kita sendiri, dengan kesempatan untuk mempengaruhi arah yang akan kita ambil.

Dimensi masa depan adalah gambaran tentang apa yang akan terjadi esok, lusa, bahkan di masa yang akan datang. Ini adalah impian, harapan, dan tujuan yang membimbing kita dalam perjalanan hidup. Masa depan memberi kita motivasi untuk bertindak sekarang, untuk merencanakan, dan untuk bekerja keras menuju realisasi cita-cita dan aspirasi kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun