Selamat Sampai Tujuan [gan] Pak!

24 September 2012 17:59:55 Diperbarui: 24 Juni 2015 16:46:41 Dibaca : 123 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :
Selamat Sampai Tujuan [gan] Pak!
1348535003615841909

Musim ibadah haji 2012 telah dimulai, para tamu Allah yang diberi kesempatan untuk melaksanakn rukun islam yang kelima pada tahun ini semuanya telah mempersiapkan diri. Dokumen-dokumen perjalanan ibadah haji sudah siap, bekal untuk beribadah di tanah suci juga siap dan segala tetek bengek sebelum berangkat haji sudah siap semuanya.

Kebiasaan atau adat masyarakat kita yang mayoritas beragama islam dalam menyambut musim haji ini sangat beragam. Ada yang hanya sekedar berdoa secara sederhana bersama-sama di rumah calon haji, ada juga calon haji yang mengadakan doa bersama besar-besaran dengan mengundang satu warga desa dan lain sebagainya.

Kebiasaan kedua, biasanya para calon haji ini akan ada yang mengantar sampai ke pendopo kabupaten. Pengantar ini mulai dari sanak family sampai tetangga maupun kolega para calon haji. Beda tempat juga beda adat dalam pengantaran ke pendopo ini, kalau di desa saya dulu acara mengantar calon haji ini adalah dengan menyewa satu bus atau minibus yang akan dipakai rombongan mengantar calon haji sampai ke pendopo kabupaten.

Setelah prosesi mengantar ini selesai, para pengantar tersebut biasanya tidak langsung pulang melainkan melakukan kegiatan rekreasi. Jadi sekalian ibadah mengantar calon haji supaya cepat "ketularan" naik haji, juga sekaligus untuk melepas rutinitas dengan bertamasya bersama rombongan pengantar calon haji.

Di tempat saya yang baru, tepatnya di perbon atau dekat dengan pendopo kabupaten Tuban, acara pengantaran ini sangat berbeda dengan didesa saya. Disini calon haji diarak menuju ke pendopo kabupaten yang jaraknya sekitar 4 km jalan kaki dan diiringi musik rebana (shalawatan). Begitu bahagianya mereka untuk mengantar calon haji ini meski jarak yang ditempuh tidak bisa dikatakan dekat.

Suasana pengantaran calon haji di Perbon (+- 4 km dari pendopo Kabupaten Tuban)

Kedua perbedaan pengantaran calon haji tadi semakin membuka mata saya, dimana bumi diinjak, disitu langit dijunjung. Dan, begitu banyak ragam kebiasaan positif masyarakat Indonesia yang berbhinneka tunggal ika ini menghiasi kehidupan sosial kita, anda dan saya.

#Juga akan ada acara penyambutan haji. Tapi tidak sekarang ya!

Selamat jalan para tamu Allah, semoga selamat sampai tujuan ya [gan] pak! Serta jangan lupa oleh-olehnya lho :D

Semoga kau sembuh >> Semoga selamat sampai tanah air lagi.

Yo opo ora son!

Ahmad Muazim Abidin

/azim_iza

Hanya hidup untuk Tuhanku, Rasul-Nya, Bapak Emak dan orang yang aku sayang.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana