Menuju Desa Swasembada Pangan dan Desa Maju dengan Teknologi Organik Cair Biogan

08 Juni 2017 03:01:05 Diperbarui: 08 Juni 2017 05:30:48 Dibaca : 19 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :
Menuju Desa Swasembada Pangan dan Desa Maju dengan Teknologi Organik Cair Biogan
POC Biogan pada proyek Nasional

Ekonomi pedesaan sebagian besar bersumber pada kegiatan produksi usaha tani. Kegiatan produksi usaha tani secara tradisonal memiliki banyak pembatas antara lain keterbatasan luas lahan, keterbatasan produksi lahan dan keterbatasan luas lahan, keterbatasan produktifitas lahan dan keterbatasan ekologi. Upaya membangun ekonomi pedesaan bertitik tolak kepada peningkatan produksi usha tani. Pembangunan di bidang pertanian yang telah berlangsung selama enam tahap merupakan rintisan jalan mengatasi pembatas produktivitas usaha tani. Pada pelaksanaannya, dilakukan melalui dua jalan yaitu ekstensifikasi dan intensifikasi.

Pertanian rakyat yang lebih mengarah kepada produksi tanaman pangan, program pembangunannya dilaksankan melalui intensifikasi. Langkah intensifikasi usaha tani ini merupaka langkah yang eksklusif,sehingga pada periode 1984/1985 kita dapat mencapai taraf swasembada pangan.Penggunaan eknologi dalam pelaksanaan intnsifikasi usaha tani tersebut yang tidak mengacu kepada pelestarian lingkungan alami, tidak berumur panjang. Sepulu tahun kemudian kita rasakan laju peningkatan produksi menjadi negatif dan produksi usaha tani kita terpuruk sampai pada batas kritis, dimana saat itu kita memerlukan bantuan pangan dari negara lain.


Ketidak mampuan sektor usaha tani untuk tampil sebagai tumpukan pokok ekonomi pedesaan, telah memporak-pondakan kondisi ekonomi di wilayah pedesaan, yang merupakan bagian terbesar dari penduduk tercinta ini.

Dari pengalaman pahit pemanfaatan teknologi yang mengorbankan lingkungan di satu sektorini mudah mudahan dapat membuka hati kita untuk menyaring hasil-hasil teknologi yag akan di manfaatkan.


Pandangan sementara masyarakat terhadap penggunaan teknologi yang ramah lingkungan, memerlukan biaya tinggi. Hal ini dikarenakan keterbatasan wawasan yang hanya melihat proyek-proyek pengolhan imbah yang akhir-akhir ini banyak dpublikasikan.


Untuk membangun ekonomi pedesaan, cukup banyak pilihan dari teknologi yang sederhana, madya sampai teknologi tingkat tinggi, yang dapat dimanfaatkan dan aman bagi kelestarian lingkugan hidup kita.

Sudah saatnya kita menekankan kembali kepada keharusan orientasi sistem prtanian pada akrab lingkungan. Salah satu pilihan yang dpat dimanfaatkan saat ini adalah Teknologi Organik BIOGAN , suatu teknologi organik yang diprogram untuk meningkatkan produktifitas usaha tani pedesaan.

01-pupuk-ajaib-ciptaan-sujadi-tingkatkan-produksi-padi-biogan-dlm-berita-5938c7f0147b616040162d06.jpg
01-pupuk-ajaib-ciptaan-sujadi-tingkatkan-produksi-padi-biogan-dlm-berita-5938c7f0147b616040162d06.jpg

Pupuk Organik Cair (POC) BIOGAN merupakan salah satu hasil teknologi organik CV.KTNA. POC Biogan diciptakan untuk mengatasi beberapa kendala yang dimiliki Pupuk an-organik, sehingga memungkinkan tehknik penerapan POC pada tanaman, dapat memacu produksi semaksimal mungkin. Hal ini dimungkinkan karena POC organik Biogan mempunyai  sifat :

Dapat memacu tanaman meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk dasar secara maksimal

Tidak memiliki batas lethal effect

Tidak memiliki residu yang berbahaya .

Bio diambil dari kata  “bio” yang berarti kehidupan dan “ juraGAN” yang berarti orang yang makmur dan kaya . Ini adalah doa nyata buat yang mengunakan biogan suapaya pupuk cair ini bisa sebagai salh satu jalan menambah kemakmuran petani dan menjadikan desa dan negara kita swasembada pangan. Bila Ingin Oke Gunakan pupuk Alami Nyata (BIOGAN).


Biogan yang diramu dari ekstrak berbagai bahan tanaman, yang difermentasikan berimbang dalam bentuk cair, mengandung unsur hara makro maupun mikro. Penggunaan sistim ekstraksi fisik dengan pemanasan suhu rendah, emmungkinkan diperolehnya hasil ekstraksi yang mengandung hormon-hormon tumbuh dalam komposisi yang berimbang . Unsur-unsur hara yang terkandung dalam PPC Biogan terdiri atas : N,P,K

01-pupuk-ajaib-hasil-uji-coba-singkong-dgn-poc-biogan-5938c81b569773e1370aaba8.jpg
01-pupuk-ajaib-hasil-uji-coba-singkong-dgn-poc-biogan-5938c81b569773e1370aaba8.jpg

Aplikasi Biogan pada daun dan batang tanaman saat proses fotosintesa berlangsung, merangsang tanaman meningkatkan kegiatan produksinya. Hal ini dimungkinkan karena Biogan mengandung unsur mikro yang sangat diperlukan pada proses fotosintesa. Unsur-unsur mikro tersebut bukan merupakan bahan pembentuk hasil fotosintesa. Kondisi ini memungkinkan unsur tersebut tetap berada pada daun dan terus menerus melaksanakan fungsinya sebagai pemacu proses fotosintesa.


Kandungan unsur mikro yang diperoleh dari ekstraksi bahan tanaman, tersedia dalam perbandingan komposisi yang berimbang, sesuai dengan kondisi yang diperlukan tanaman. Hal ini memugkinkan terciptanya daya kerja masing-masing unsur yang saling mendukung satu sama lain secara simultan. Dengan demikian tanaman dapat berproduksi secara maksimal.

Teknologi Organik untuk memajukan desa
Teknologi Organik untuk memajukan desa


Untuk dapat merubah hasil fotosintesa yang berlangsung secara maksimal, dari karbohidrat sedeerhana menjadi bagian-bagian tanman, membutuhkan hormon-hormon pertumbuhan.


Hormon tersebut terkandung dalam Biogan dengan komposisi yang sangat pas untuk setap fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Hal ini memungkinkan aplikasi Biogan mampu memaksimalkan kemampuan tanaman untuk melakukan proses pertumbuhan dan perkembangannya.



POC Biogan dengan keistimewaan kandungan unsur hara makro,mikro serta hormon tumbuh dalam komposisi yang sangat sesuai dengan kebutuhan tanaman, merupakan harapan baru dobrakan teknologi yang dapat memeacu peningkatan produksi pertanian.


Dari hasil penelurusan efek apliaksi Biogan pada tanaman pertanian, kemampuan Biogan memacu peningkatan produksi tanaman terlihat pada :

1. Tegakkan tanaman, besar dan tingginya, rata-rata bertabah 10 %

2. Besar buah bertambah anatara 15% - 80% dari ukuran normal

3. Berat kering hasil produksi bertambah anatar 30% - 70 % . Banyak buah bertambah 15%

4. Umur mulai berbunga lebih cepat 5 – 10 hari

5. Umur panen lebih cepat 5 – 10 hari

6. Periode masa produksi bertambah minimal 20 %


Kelebihan POC Biogan

1. POC Biogan sangat cocok penerpannya pada daerah -daerah yang penggunaan pupuknya sangat mendesak , terutama pada tanaman padi yang menunjukakan gejala kritis.

2. Biaya operasional rendah

3. POC Biogan dikemas dalam bentuk botol sehingga sudah barang tentu mobilitas tinggi dan efisien

4. POC Biogan dapat dipakai pada tanaman, baik tanaman semusim, tahunan, perkebunan bahkan peternakan dan     perikanan darat dan menunjukan perkembangan yang sangat positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan sehingga mampu meningkatkan produktifitas.

5. Tidak berbahaya pada makhluk hidup khususnya hewan dan manusia

6. Penggunaan POC Biogan tidak terlalu rumit dan sangat efisien, serta dapat disemprotkan atau disiramkan pada akar tanaman.

Jejen Al Cireboni

/alcireboni

TERVERIFIKASI

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya
Selengkapnya...

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana