Mohon tunggu...
kkn um tlogomas
kkn um tlogomas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Kelompok 2 KKN Tematik Universitas Negeri Malang Kelurahan Tlogomas RW 07

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Pembuatan Pupuk Cair dan Pestisida Limbah Organik Ramah Lingkungan untuk Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan

2 April 2024   23:59 Diperbarui: 3 April 2024   11:06 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada program KKN Tematik tahun ini, kami kelompok 2 KKN Tematik Universitas Negeri Malang akan berfokus di Kelurahan Tlogomas RW.07, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur dengan tema "Greenovation : Sustainable Agriculture". Penentuan tema ini didasarkan pada pemahaman bahwa keberlanjutan (Sustainable) memiliki peran yang krusial dalam perkembangan masyarakat. Pertanian (agriculture) adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Sustainable Agriculture atau pertanian berkelanjutan  merupakan sebuah metode bercocok tanam yang berfokus pada keberlanjutan ekologi dan ekonomi. 

Pertanian ini tidak hanya mengejar keuntungan finansial, tetapi juga memperhatikan dampaknya pada alam dan masyarakat.  Mahasiswa yang terlibat dalam program KKN Tematik, bertujuan untuk mengimplementasikan konsep keberlanjutan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan fokus pada pertanian berkelanjutan, mahasiswa berupaya mempromosikan praktik-praktik ramah lingkungan, pelestarian sumber daya alam, dan pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan. 

Kondisi Taman Terapi di RW.07 Kelurahan Tlogomas yang kurang terawat dan banyaknya tanaman yang tumbuh kurang optimal di taman tersebut merupakan permasalahan yang kami jumpai dan perlu segera kami tindak lanjuti. Faktor penyebab tanaman yang tidak dapat berkembang dengan baik tersebut adalah kurangnya pemupukan dan kurangnya penggunaan pestisida . Selain itu, penanganan sampah masih menjadi permasalahan serius yang belum tertangani dengan tuntas. Sampah yang tidak mendapat penanganan serius dapat mengakibatkan berbagai  pencemaran. Salah satu polutan yang dapat mengakibatkan pencemaran adalah limbah rumah tangga.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Oleh karena itu, solusi yang dapat diberikan untuk menangani permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pengolahan pestisida dari limbah organik dan pupuk cair ramah lingkungan dari limbah organik rumah tangga yang diberi nama "Biopure Catalyst" yang berarti alami, murni serta mempercepat maka produk pupuk ini merupakan solusi ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mempercepat pertumbuhan tanaman. Selain itu, program "Pengolahan Pupuk Cair Ramah Lingkungan "Biopure Catalyst" dari Limbah Organik Rumah Tangga" dapat menjadi solusi pengolahan limbah organik dari masyarakat serta dapat merevitalisasi Taman Terapi yang ada di lingkungan RW.07 Kelurahan Tlogomas.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu diawali dengan observasi lapangan dan uji coba pembuatan produk kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi pengenalan produk pupuk cair dan pestisida, lalu dilanjutkan dengan kerja bakti pengumpulan limbah organik rumah tangga, lalu dilanjutkan dengan pembuatan pupuk cair dan pestisida dari limbah organik rumah tangga, kemudian dilanjutkan dengan pemakaian pupuk cair dan pestisida pada tumbuh-tumbuhan yang berada di taman terapi dan diakhiri dengan memantau dan mengevaluasi dampak program terhadap masyarakat setempat.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Dok Pribadi
Dok Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun