Mohon tunggu...
Zunnia DwiApsari
Zunnia DwiApsari Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Its oke.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Serunya Mengajar di MTS Al-Hidayah Gosari

26 Januari 2021   12:26 Diperbarui: 26 Januari 2021   12:55 34 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Serunya Mengajar di MTS Al-Hidayah Gosari
dokumentasi pribadi

Di masa pandemi seperti yang terjadi saat ini, tidak menyurutkan semangat belajar siswa-siswi MTs. Al-Hidayah Gosari Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Meskipun kegiatan sekolah mereka berbeda dengan kondisi sebelumnya, yakni adanya pemotongan jam sekolah dan harus menerapkan kebiasaan hidup baru seperti memakai masker, siswa-siswi tetap antusian untuk pergi kesekolah.


Senin (11/01/2021), Kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 07.00 -09.45 WIB. Dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang perkelas. Kami rekan-rekan KKM DR-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang diberitugas dan kepercayaan untuk mengajar di Madrasah Tsanawiyah tersebut.
Selama proses belajar, kami memberikan banyak sekali permainan. Hal ini dilakukan supaya para siswa tidak merasa jenuh ketika proses belajar mengajar serta kita ingin memberikan kesan yang menyenangkan ketika pembelajaran. Salah satu games yang kami berikan adalah cerdas cermat.
Cerdas-cermat dilakukan dengan membagi anak menjadi dua kelompok besar. Kemudian kami rekan-rekan kkm memberikan materi yang sesuai dengan apa yang sebelumnya telah kami berikan. Kemudian, siapapun yang mampu menjawab soal diminta untuk mengacungkan tangan dan memberikan jawabannya. Kami juga memebrikan reward bagi siapapun yang berhasil menajwab dan memberikan hukuman yang menyenangkan bagi kelompok yang belum berhasil.


Games ini disambut baik dan mendapatkan respon yang baik juga dari para siswa. Mereka sangat bersemangat, bahkan mereka sudah menganggkat tangan ketika soal belum selesai di bacakan.


Selain itu dalam penyampaian materi kami juga memberikan metode yang berbeda dengan biasanya. Kami menyelipkan bebrapa lagu mengenai pelajaran sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh para siswa. Dan sesekali kami memberikan hadiah lagi untuk para siswa yang mampu menjelaskan kembali tentang materi yang sudah di sampaikan oleh rekan-rekan KKM DR-Uin Mengabdi
Kami berharap, Madrasah ini semakin jaya dan berkembang sehingga mampu menciptakan generasi yang pintar dan agamis

Ditulis oleh Marisa Indriani Tanjung(G.73) -- Hukum Keluarga Islam --Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x