Mohon tunggu...
zulvina rizka
zulvina rizka Mohon Tunggu... Zulvina Rizka Vianjaya

Mahasiswi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG IG : @zulvinaa YT : zulvina rizka

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN Upgris 2021: Pembuatan nan Pembagian Jamu Beras Kencur

27 Februari 2021   12:55 Diperbarui: 27 Februari 2021   12:56 47 0 0 Mohon Tunggu...

Salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi ini adalah dengan rutin mengkonsumsi jamu herbal. Jamu ini banyak mengandung manfaat dan tidak ada efek samping sama sekali karena bahan pembuatannya dari bahan alami tanpa bahan kimia dan pengawet.

Di Indonesia memiliki berbagai varian jamu, salah satunya yaitu jamu beras kencur, yang sering kita dapatkan di penjual jamu keliling maupun dalam bentuk bubuk. Kita juga dapat membuat jamu sendiri dengan bahan: beras, kencur, jahe, asam jawa, gula jawa, garam, dan air.

Jamu beras kencur ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita diantaranya menambah stamina/daya tahan tubuh, membantu mendapatkan tubuh yang ideal, menyingkirkan kolesterol jahat, kaya antioksidan bagi tubuh, mengatasi flu dan batuk, mengurangi rasa sakit perut, dan memperbaiki kualitas tidur jadi lebih nyenyak.

Salah satu program kerja dari KKN di bidang kesehatan adalah dengan pembuatan dan pembagian jamu beras kencur guna meningkatkan imunitas tubuh di masa pademi Covid-19 saat ini. Kegiatan pembuatan dan pembagian jamu beras kencur ini telah dilaksanakan pada jumat-sabtu, 19-20 Februari 2021, yang mana jamu dibagikan kepada warga di lingkungan sekitar RT 03 Desa Bonang.

Untuk pembuatan jamu beras kencur tergolong sangat mudah yaitu dengan membersihkan beras dengan cara merendamnya hingga 3 jam, merebus air sebanyak 2 liter dengan api yang sedang, kemudian masukan asam jawa, kencur, kunyit, gula jawa, dan jahe. 

Aduk-aduk hingga merata, dan tambahkan garam, setelah mendidih, angkat dan tiriskan lalu disaring hingga terpisah dari ampasnya. Kemudian beras yang sudah direndam dicampur dengan ampas, lalu tumbuk hingga halus. Setelah halus, campurkan sari air yang sudah disaring tadi dengan tumbukan beras dan ampas yang sudah halus disiram dengan menggunakan air rendaman yang sebelumnya sudah direbus.

Semoga dengan adanya pembuatan jamu beras kencur ini dapat meningkatkan imunitas tubuh dan terhindar dari virus Covid-19. Selalu terapkan Protokol Kesehatan dengan melakukan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x