Mohon tunggu...
Zulfa Ainurrizqiyah
Zulfa Ainurrizqiyah Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika di SMKN 5 KENDAL

Happy Wife

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi SPLDV

24 Januari 2023   08:39 Diperbarui: 24 Januari 2023   08:48 1604
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Latar Belakang Masalah

Matematika merupakan ilmu yang mendasari disiplin ilmu pengetahuan yang lain seperti fisika, kimia, arsitektur, dan bidang lainnya. Pembelajaran matematika membutuhkan penalaran dan logika yang tinggi, sehingga dalam proses pembelajaran matematika peserta didik dituntut untuk aktif, kreatif, terampil, dan mandiri dalam memahami dan menerapkan konsep yang dipelajari.

Matematika biasa dikenal dengan kumpulan angka,  simbol-simbol, dan operasi perhitungan yang abstrak serta kadang memiliki penyelesaian yang rumit. Hal ini yang membuat peserta didik merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar matematika. Rismawati (2020) menyebutkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika yaitu faktor sarana belajar, faktor minat, faktor perhatian, faktor kemampuan diri, faktor teman sebaya, dan faktor kesehatan.

Beberapa hal yang ditemukan di sekolah yaitu peserta didik menganggap matematika pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan serta matematika dianggap pelajaran yang kurang penting (non kejuruan). Menurut Rigusti (2020), motivasi yang kurang baik dalam mengikuti pelajaran tersebut, karena merasa minder apabila sudah mendapatkan nilai di bawah rata-rata dalam mata pelajaran matematika. Siswa merasa kurang percaya diri dalam mengikuti pelajaran matematika dalam kelas. Hal ini juga dilihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear (SPLDV). Peserta didik mengalami kesulitan untuk memahami soal cerita, menerjemahkan soal cerita dalam model matematika, dan belum bisa  menghubungkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan hasil wawancara dengan rekan sejawat dan dosen matematika 

penyebab rendahnya kemampuan menyelesaikan soal cerita, peserta didik kurang berlatih dalam memodelkan soal cerita ke dalam bentuk matematika, motivasi belajar peserta didik yang masih rendah, guru kurang kreatif dalam penggunaan model pembelajaran yang inovatif.

Sehingga praktik baik yang sudah dilaksanakan dapat memotivasi diri sendiri dan juga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan itu diharapkan bisa menjadi referensi dan motivasi bagi rekan sejawat untuk diterapkan pada pembelajaran dengan latar belakang dengan akar masalah yang sama.

Melihat kondisi di atas, guru perlu merencanakan pembelajaran yang menarik dan lebih inovatif agar peserta didik lebih termotivasi dan dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Praktik ini penting untuk dibagikan karena berdampak baik pada keseluruhan proses pembelajaran meliputi:

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran berdasarkan pengalaman (experiential learning). Sehingga peserta didik merasa mengalami pembelajaran itu sendiiri dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Menurut Ariani (2017), Peningkatan   motivasi   belajar yang memperoleh pembelajaran  melalui  model  pembelajaran  berbasis proyek   lebih   tinggi   daripada yang memperoleh pembelajaran biasa.

Menurut Winata (2017), Motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan penggunaan media pembelajaran. Dalam  proses  belajar mengajar  terdapat  beberapa  media  pembelaran yang dapat  meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa   terhadap   pelajaran,   salah   satunya dengan    media Canva dan Liveworksheet. Media Canva membantu proses penyampaian materi dengan desain menarik dan mudah digunakan.  Sedangkan Liveworksheet merupakan pengganti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) cetak dengan lembar kerja online yang dapat diakses melalui link dengan tahapan yang menarik. Oleh karena itu, media pembelajaran ini sangat cocok untuk meningkatkan motivasi belajar matematika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun