Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Membeli Mobil atau Motor Secara Online, Amankah?

21 Juli 2019   14:23 Diperbarui: 21 Juli 2019   14:25 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digital payment, source: https://www.pexels.com

Terbukanya pasar dagang online saat ini tidak hanya dimanfaatkan oleh para pedagang produk-produk kebutuhan harian konsumen saja, tapi juga para pedagang otomotif pun turut andil dalam mengembangkan laju bisnisnya melalui saluran ini. Bila pada umumnya kita terbiasa melihat produk-produk konsumsi harian dan yang memungkinkan untuk dijual secara online saja yang biasa dijual di lapak-lapak online kini produk-produk kebutuhan otomotif pun sudah merambah ke saluran online. Produk-produk otomotif yang biasa tersedia dan dijual bebas secara online meliputi aksesoris dan suku cadang.  Bila kita telaah lebih dalam lagi ternyata unit otomotif sendiri pun sudah dijual secara online. Lalu bagaimana para pemasar unit otomotif tersebut mampu merubah kebiasaan masyarakat dalam membeli sebuah unit otomotif?

Sepertinya sudah umum bila konsumen mencari informasi mengenai unit otomotif yang ia akan beli melalui online, namun keputusan pembelian umumnya masih dengan cara tradisional yaitu pembelian datang dealer langsung untuk produk baru atau sistem COD untuk unit bekas dengan tujuan melihat kondisi sebenarnya kendaraan tersebut. Selain menghindari penipuan tapi juga melihat ketersediaan unit. Selain itu tak dipungkiri hingga saat ini para pemasar unit otmotif tersebut baru dapat melayani konsumen dalam jangkauan tertentu, seperti Jabodetabek  dan untuk di luar Jabodetabek ada ongkos biaya yang harus konsumen tanggung.

Saat ini telah tersedia situs-situs yang hanya menyediakan informasi mengenai otomotif, seperti media berita yang memberikan review akan sebuah unit otomotif, ada juga situs-situs dimana pemasar dapat mengiklankan produk otomotifnya namun tidak menyediakan sistem pembayaran yang dapat digunakan untuk konsumen bila ingin membelinya secara online, untuk pembelian, konsumen diarahkan untuk menghubungi pemasarnya langsung. Situs tersebut juga menyediakan simulasi untuk kredit angsuran yang dapat dilihat langsung oleh konsumen dan situs-situs yang tidak hanya memberikan tempat untuk mengiklankan produknya saja tapi juga menyediakan sistem untuk melakukan pembayaran pembelian unit otomotif seperti Blibli yang memungkinkan konsumen untuk bisa langsung membeli unit otomotif pada situs mereka layaknya membeli kategori barang lain. Sistem pembayan pun sama seperti pada umumnya yaitu dapat melalui kartu kredit, tunai ataupun fintech online yang telah bekerja sama dengan Blibli selain itu ada juga prosedur pembelian tambahan selain pembayaran yang harus dipahami oleh konsumen. Selain Blibli ada juga Bukalapak yang memungkinkan konsumen untuk membeli mobil secara online, sama dengan Blibli pembayaran di Bukalapak pun bisa menggunakan kartu kredit, untuk pembayaran melalui fintech online dan cash Bukalapak tidak menginformasikan apakah bisa dilakukan atau tidak. Jika ada yang pernah melakukan transaksi membeli unit otomotif di Bukalapak mohon berbagi pengalamannya.

Tampilan kategori mobil Blibli. Sumber: https://www.blibli.com/
Tampilan kategori mobil Blibli. Sumber: https://www.blibli.com/

Blibli dan Bukalapak hanya menyediakan penjualan kendaraan mobil dan motor dalam kondisi baru dan tidak ada unit bekas. Pelapak atau merchant yang terdaftar di kedua situs e-commerce marketplace tersebut merupakan official dari merek otomotif itu sendiri jadi dapat dipastikan para merchant itu terbukti keasliannya dan mengurangi resiko terjadinya penipuan. Ditambah saat melakukan transaksi konsumen akan ada menerima konfirmasi dari costumer service atau dealer dari kedua marketplace e-commerce tersebut.

Tersedianya pembayaran menggunakan kredit yang bisa dipilih baik menggunakan fintech online ataupun menggunakan kartu kredit memudahkan proses bagi konsumen. Bila menggunakan fintech online terdapat beberapa aturan seperti penentuan tenor dan bunga yang harus dibayarkan di setiap cicilannya layaknya leasing otomotif pada umumnya sedangkan pembayaran menggunakan kartu kredit sangat menarik dimana kartu kredit menawarkan cicilan 0% yang berarti konsumen tidak perlu membayar uang muka alias DP dan juga cicilan tiap bulannya pun tidak dikenakan bunga sama sekali. Tetap harus diingat untuk menggunakan kartu kredit harus dilihat limit dari kartu kredit tersebut, misal ingin membeli motor dengan harga dibawah 50 juta dan limit kartu kredit anda adalah 50 juta setiap bulannya transaksi dapat dilakukan namun bila limit tidak lebih besar dari harga motor yang ingin dibeli kartu kredit pun tidak dapat digunakan.

Tampilan situs Bukalapak kategori otomotif. Sumber:https://www.bukalapak.com
Tampilan situs Bukalapak kategori otomotif. Sumber:https://www.bukalapak.com

Internet kini tidak hanya digunakan para produsen otomotif untuk membangun citra perusahaan dan ketenaran merek secara online saja namun juga sudah digunakan menjadi saluran penjualan. Memang tidak mudah merubah prilaku konsumen dari tradisional ke online apalagi dalam pembelian unit otomotif dengan harga tinggi, namun tidak ada salahnya juga kan untuk memanfaatkan tersediaya marketplace e-commerce yang tersedia untuk meningkatkan penjualan.

Berminat beli mobil atau motor secara online?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun