Mohon tunggu...
Zohan Zeewart
Zohan Zeewart Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Ilmu Komunikasi 2K21

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Entreprerneurshipnya Generasi Z

22 Juli 2022   08:00 Diperbarui: 22 Juli 2022   08:03 97 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Seperti yang kita ketahui kebanyakan para pemuda dari generasi Z saat ini, tidak monoton dalam memilih masa depannya, beda dengan generasi-generasi sebelumnya, yang semua jalannya untuk menuju sukses harus di atur oleh orang tuanya. Namun dipilihan mereka yang tidak mau sama dengan pemikiran orang tuanya itu, ada banyak juga dampak positif dan negatifnya.

Dimana pilihan generasi Z saat ini lebih mementingkan kesenangan dalam mengerjakannya atau bisa disebut “Hobby in Work”, sedangkan generasi sebelumnya lebih menggantung dengan apa yang diinginkan kedua orang tuanya, kedua hal ini sama-sama memiliki peluang dan ancamannya, namun kali ini di era yang sudah berkembang pesat dan sangat jauh, banyak pemuda yang lebih memilih membangun usahanya sendiri dari pada harus melanjutkan usaha atau kemauan orang tuanya, karna para generasi Z saat ini bisa memilih Entrepreneurship nya dari segala arah manapun.

Thecnopreneurship

Di lansir dari 101Entrepreneuship, ada yang Namanya Thecnopreneurship, yaitu gabungan dua kata antara Thecnology dan Entrepreneurship. 

Tentunya di Era Digital ini Thecnopreneruship ini tidak bisa dianggap remeh lagi, karna hal ini memiliki peran penting dalam memanfaatkan teknologi untuk mempermudah berbagai tujuan. Beberapa manfaat yang membuat hal ini penting yaitu : bisa menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pemanfaatan sumber daya lokal, diverifikasi dan disentralisasi bisnis, perkembangan teknologi, dan mendorong kewirausahaan.

Seperti pernyataan di atas, hal tersebut yang membuat generasi Z tertarik dalam menekuninya, dan juga Thecnopreneuship ini bisa tidak terikat dengan sistem kerja yang jadwalnya ditentukan melainkan kita sendiri yang menentukan. Dari sumber buku “Thecnopreneurship : wirausaha berbasis digital” rata-rata anak muda generasi Z banyak yang memanfaatkan Thecnopreneurship ini, dengan berbagai profesi, diantaranya : membuka online shop, menjadi youtuber, designer UI/UX, dan Google Adsense.

Banyak tokoh yang bisa dijadikan contoh bagi generasi Z untuk mempelajari lebih dalam tentang bagaimana cara berkecimpung di dalam Teknologi Entrepreneurship ini, berikut tokoh Thecnopreneur :

 Elon Musk ceo dari spacaX
 Elon Musk ceo dari spacaX
  • Elon Musk, Elon Musk adalah tokoh Thecnopreneur yang paling relevan pada saat ini, Elon Musk adalah CEO dari perusahaan SpaceX, PayPal, dan Tesla. Sosok ini adalah seorang yang cukup revolusioner yang pantas menjadi Thecnopreneur panutan. Selain itu dia berani dalam mengambil pilihan yang beresiko dan terus berusaha untuk mengembangkan teknologinya agar dapat memberikan kepuasan terhadap para konsumennya.
  • Nadiem Makarim, masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan sosok ini. Nadiem Makari adalah Menteri Pendidikan RI saat ini dan pendiri Gojek, yaitu perusahaan yang melayani trasportasi online yang sangat terkenal, kini Gojek tidak hanya di Indonesia, tetapi juga beroperasi di beberapa negara tetangga di Asia Tenggara. Usaha Gojeknya ini di rintis dari masalah hidupnya sendiri. Ketika kesusahan mencari ojek untuk berangkat kerja, maka dari itu kemampuan Problem Solving atau pemecahan masalahnya, tokoh Thecnopreneur satu ini membuahkan sebuah startup  yang terkenal.

  • Bill Gates,  Bill Gates adalah seorang Thecnopreneur yang yang paling terkenal di dunia sebagai orang terkaya selama beberapa tahun. Jiwa Thecnopreneur dalam dirinya bersama Paul Allen berhasil membentuk perusahaan “Microsoft” yang mengubah dunia.

Demikian juga banyak skill generasi Z yang bisa diandalkan dalam berperan di Thecnopreneurship, yaitu dalam wawasan teknologi, mereka selangkah lebih maju dari pada generasi sebelumnya. Setelah itu mereka tinggal mengerjakan sesuai kemauan mereka dan bertanggung jawab atas resiko atau peluang yang diambil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan