Mohon tunggu...
Zikku Creative
Zikku Creative Mohon Tunggu... Web Developer & Graphic Designer

Belajar design di zikku.web.id Belajar bisnis di zikku.my.id

Selanjutnya

Tutup

Karir

Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

13 Februari 2020   01:49 Diperbarui: 13 Februari 2020   06:56 15 0 0 Mohon Tunggu...
Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja
cv-5e449208097f363ef3671c52.jpg

Memiliki pengalaman kerja merupakan nilai tambah bagi kita yang ingin melamar pekerjaan. Dengan mencantumkan pengalaman kerja di CV (Curriculum Vitae) kita dapat membuat HR tertarik dengan kita dan mempertimbangkan kita untuk bekerja di perusahaan nya.

Namun bagaimana jika kita belum memiliki pengalaman kerja ?? Apa yang harus kita cantumkan di CV kita agar tetap menarik di mata HR walaupun tanpa pengalaman kerja ??

Pertanyaan tadi merupakan permasalah yang sering dialami para fresh graduated yang kebanyakan belum memiliki pengalaman kerja. Jangan khawatir karena tanpa mencantumkan pengalaman kerja juga kita bisa membuat CV kita agar tetap menarik di mata HR.

Pertama cantumkan latar belakang pendidikan dan keahlian yang kita miliki. Dengan mencantumkan latar belakang pendidikan dan keahlian yang kita miliki maka HR akan menilai apakah kita cocok untuk bekerja di perusahaan nya. Apalagi jika kita memiliki keahlian yang memang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut mungkin kita bisa menjadi kandidat kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Kedua memberikan deskripsi singkat tentang diri kita. Dalam hal ini kita menjelaskan sedikit karakter atau kepribadian yang kita miliki, atau juga dapat menambahkan hal - hal lain yang sekiranya sesuatu yang dapat membuat HR tertarik kepada kita.

Ketiga mencantumkan portofolio. Banyak yang beranggapan bahwa portofolio itu sama saja dengan CV. Namun itu salah karena portofolio lebih untuk menunjukkan kerativitas atau kemampuan yang kita miliki. Portofolio memiliki pengaruh besar terhadap penilaian HR kepada kita. 

Nah bagi kita yang belum memiliki pengalaman kerja dapat memanfaatkan beberapa tips di atas untuk membuat CV kita agar tetap menarik di mata HR.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x