Mohon tunggu...
Eka Kurnia Chrislianto
Eka Kurnia Chrislianto Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Asisten Pengacara dan Anggota Divisi Perempuan dan Anak Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pontianak Kunjungi juga: https://kumparan.com/eren-jager dan https://zefilosofi.medium.com/

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Peran Media Massa dan Hubungannya dengan Komunikasi Politik

12 Oktober 2021   15:49 Diperbarui: 12 Oktober 2021   15:51 347 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Komunikasi Massa Langsung, Sumber Gambar: pexels.com/Harrison Haines

Mass Communication atau komunikasi massa merupakan platforms yang mana keberfungsiannya adalah menerima, mengelola kemudian menyalurkan komunikasi dalam berbagai bentuk bisa berupa informasi, opini, dan kondisi kepada satu orang atau orang yang lainnya, dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Sejarah komunikasi massa ada dalam berbagai bentuk media massa yang telah berkembang dari tahun ke tahun, dan dapat dikatakan jika media adalah sebuah aspek yang masuk ke dalam marketing management (manajemen pemasaran), entah itu ada sebagai tren atau issues mengenai teknologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya di suatu negara lingkup nasional, dan transnasional.

Singkat, komunikasi massa adalah komunikasi yang menjangkau banyak orang terutama ini mulai dikembangkan hanya dalam waktu 500 tahun terakhir, perkembangan ini bersamaan dengan perkembangan ideologi, pikiran, teknologi, dan social change (perubahan sosial) yang membantu memicu permintaan akan inovasi yang diperlukan bagi peradaban manusia dan ini yang membentuk media massa sampai sekarang ini.

Salah satu komunikasi massa yang paling tua di dunia dan ada sampai saat ini adalah buku. Buku adalah komunikasi massa yang tertua dari media, atau sebagai media itu sendiri. 

Menurut Laurie Thomas Lee, dalam karyanya 'History and Delevopment of Mass Communications', buku pertama yang diketahui, itu ditulis di Mesir sekitar 1400 SM. 

Namun, saat itu buku tidak diproduksi untuk massa, kemudian seiring dengan penemuan para sejarawan, mesin cetak pertama ada pada tahun 1456, kemudian surat kabar yang dianggap sebaliknya sebagai media massa tertua.

Padahal lembaran atau potongan berita (news-sheets) yang dianggap orang saat itu sebagai koran saat ini, itu sudah ada pada 100 SM di Roma, yang juga sebagai bentuk political tracts dan suatu pamflet yang ada sekitar 400 hingga 500 Tahun sebelum tahun 1456 tersebut. Meskipun demikian, surat kabar pertama tidak memulai debutnya sekitar tahun 1600-an, diketahui perkembangan majalah juga lambat, berasal dari kata Prancis, 'magasin', dan dalam bahasa inggris majalah pertama tidak muncul sampai tahun 1704.

Kemudian muncul media elektronik, yang justru berkembang dengan cepat. Radio muncul sebagai media massa (media elektronik) pertama pada tahun 1920-an, karena semakin populernya hiburan massa dengan didukung kemajuan teknologi yang berasal dari perkembangan telegraf, telepon dan nirkabel. 

Kemudian muncul semangat persaingan pikiran mengenai inovasi di seluruh dunia untuk menambahkan suatu alat atau media lainnya yang lebih nyata dan riil bukan hanya terdenngar oleh telinga, dan kemudian itulah dengan terciptanya televisi.

Ini hanya berupa gambaran bagaimana komunikasi massa itu muncul, dan seperti kita ketahui penemuan televisi ini adalah satu di antara penemuan yang paling penting di abad ke dua puluh oleh manusia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan