Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Novel Siti Nurbaya, Perjalanan Panjang Romantis Tragis Sebuah Utang

10 Agustus 2020   18:12 Diperbarui: 10 Agustus 2020   18:35 329 47 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Novel Siti Nurbaya, Perjalanan Panjang Romantis Tragis Sebuah Utang
Poster film Siti Nurbaya (sumber gambar: archive.tabloidbintang.com)

"#utangrasa. Selamat jalan, teman!"

Jika mengikuti akun twitter Sujiwo Tedjo, kalimat seperti di atas kerap kali dibaca. Setiap mengetahui kenalan, teman dekat atau kerabat mendahului pergi, Presiden Jancukers itu selalu menggunakan hastag #utangrasa.

Aku tidak dalam kapasitas menjelaskan, alasan penulis buku Dalang Ngetwit itu melakukan hal demikian setiap kali mendengar kabar kematian. Hanya menyajikan, bagaimana sosok multi talenta itu memaknai kata "utang".

Ilustrasi utang (sumber gambar: money.kompas.com)
Ilustrasi utang (sumber gambar: money.kompas.com)
Utang adalah Warisan Budaya?

Jamak kubaca, judi dan prostitusi adalah perilaku budaya yang masih eksis sejak jaman behaula. Bahkan ada yang bilang, dua perbuatan itu adalah warisan budaya yang telah begitu erat mengakar pada kehidupan manusia. Dan, hanya akan punah ketika tak lagi ada manusia di dunia.

Namun sedikit yang menyinggung, jika utang pun masuk pada deretan itu. Tapi, namanya tenggelam dalam istilah bintang lima. Semisal saham atau obligasi.

Bahkan, pada banyak kasus kehidupan manusia, terkadang ketiga hal itu : Judi, Prostitusi dan Utang, memiliki hubungan saling untung (simbiosis mutualisme).

Aku pribadi acapkali terkejut, jika membaca berita. Ada suami yang menjual istri untuk membayar utang judi. Orang-orang yang tega membunuh atau terbunuh, namun banyak juga kasus bunuh diri akibat atau bersebab utang.

Sila berselancar di mesin pencari, dan tulis saja kalimat "peristiwa tragis akibat utang". Tak sampai setengah detik, ratusan ribu kisah disajikan untuk dibaca. Kisah-kisah itu, benar-benar terjadi dan berulang kali di dunia nyata.

film Siti Nurbaya {sumber gambar: archive.tabloidbintang.com)
film Siti Nurbaya {sumber gambar: archive.tabloidbintang.com)
Romantis Tragis penjalanan Utang dalam Novel Siti Nurbaya

Marah Rusli dalam novel Siti Nurbaya (Kasih Tak Sampai), pun menyajikan konflik yang rumit sekaligus tragis yang berakhir kematian bagi tokoh-tokoh utamanya. Berawal dari perkara utang. Dibumbui kisah cinta dan bingkai adat Minang di masa penjajahan Belanda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN