Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Dear Orangtua, Lebih Dominan Didengarkan atau Mendengarkan?

2 Juli 2020   21:22 Diperbarui: 2 Juli 2020   23:12 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Ayah Mendengarkan Anak lelaki bercerita (sumber gambar : pixabay.com)

"Adek merajuk sama Ayah!"

"Hah?"

Ucapan si Sulung membuatku kaget. Isi kepalaku melesat jauh ke belakang, mencari tahu kesalahan apa yang mungkin aku lakukan dalam tiga hari terakhir. Karena aku selalu pulang ke rumah nyaris azan maghrib, dan sesudah isya pergi lagi. Pulang larut malam.

Namun, semua anakku tahu. Jika bulan seperti ini, durasi waktuku di luar rumah lebih banyak. Karena belum kutemukan salahku, maka aku tanyakan alasan dan sebab lelaki kecilku merajuk pada si Sulung.

"Adek mau cerita, Ayah malah langsung ke Kamar mandi!"

Deg! Aku menjemput ingatan saat tiba di rumah tadi. Usai parkir motor, lelaki kecil itu menyambutkku, dengan kepala yang dicukur nyaris botak. Karena maghrib, aku tak begitu perhatian dengan ucapannya. Hanya kupeluk dan sekilas kuusap kepalanya yang botak.

Ilustrasi Anak lelaki yang terabaikan (sumber gambar : pixabay.com)
Ilustrasi Anak lelaki yang terabaikan (sumber gambar : pixabay.com)
Kisah Pangkas Rambut Anakku yang Terabaikan

Awal kisahnya, saat isu pandemi covid-19 merebak, serta tempat biasa pangkas rambut tutup. Aku membeli alat cukur listrik. Karena waktu kuliah dulu, aku sempat "mempreteli" rambut teman-temanku.

Jadi, rambut anakku pun dijadikan lahan eksperimen. Nah, dalam 4 bulan masa pandemi ini, daftar antrian pelangganku bertambah, dengan beberapa keponakan. Dan, aku hanya melayani satu model pangkas rambut. Botak!

Untukku? Cukuplah buat merapikan kumis dan jenggot! Gondrongnya tak biarkan dulu.

Nah. Pagi tadi, mungkin tahu ayahnya pura-pura sibuk, lelaki kecilku ingin dipangkas sama Abangnya. Maka, sebelum berangkat, aku arahkan si Sulung. Tutorial ringkas cara menggunakan alat cukur listrik tersebut. Dan itu dilakukan si Sulung siang hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun