Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Satu Hari, Sebelum Hari Ini

27 Oktober 2019   16:05 Diperbarui: 27 Oktober 2019   16:26 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrated by pixabay.com

Kau mungkin tak lagi perduli. bagaimana oksigen menyembunyikan jati dirinya tanpa bentuk, untuk kemudian menjajah paru-paru, mendorong aneka partikel yang bersemayam pada sel darah, bersekutu memacu jantung, untuk menguasai ujung kepala hingga ujung kaki.

Pun, tak lagi kau rasakan kehilangan pada kegelapan malam, karena ketika usai putaran laju waktu pasti akan kembali. Dan malam tak pernah menyajikan kesunyian. Setidaknya bulan dan beberapa titik bintang, akan mengintip dari tempat persembunyian.

Atau kau sama tak pedulinya, ketika butiran embun terhampar di dedaunan hijau usai subuh, untuk kemudian memudar saat pagi mengajak matahari merajai hari. Bagimu,itu adalah dialektika kehidupan. Mereguk titik-titik perjalanan untuk menyigi garis takdir.

"Mas..."

Hanya kata itu yang meluncur dari getaran bibir tipismu. Tak lagi ada ucapan, ketika gerak perlahan tubuhmu mengikuti alur rasa, terengkuh pasrah dalam pelukan. Sunyi menguasai malam itu. Kau diam. Seperti sunyi dan diamnya kalender, yang tergantung di dinding ruang tamu. satu hari, sebelum hari ini. Lima belas tahun lalu.

***

Kau tak mungkin menghitung waktu yang deras berlalu, atau membendungnya, menjadi kolam-kolam kecil atau danau-danau buatan. Berisikan cerita tentang merdunya suara biduan menyajikan lagu kesukaanmu di pesta pernikahan, atau sebutir telur dadar sedikit gosong yang disajikan dengan wajah malu di atas meja makan. Saat itu, pagi hari ketiga perkawinan.

Bisa saja kolam atau danau itu, kau penuhi dengan foto-foto lelaki kecil dengan tumpukan daging di setiap persendiannya. Atau kisah drama, saat gadis kecilmu, memainkan lipstick milikmu yang dioleskan pada pipi boneka hello kitty. Akh! Suaramu akan lenyap dalam tawa yang dalam. Untuk kemudian terdiam bersama beningmu yang perlahan menemukan alurnya.

"Mereka sudah besar, Mas!"

Jika sudah berucap kalimat seperti itu. Maka terik matahari akan terasa redup walaupun  berdiri di tengah lapangan pukul satu siang hari. Atau seperti menelan duri yang bersembunyi di sepotong kecil agar-agar warna-warni. Biasanya, akan kau benamkan wajahmu di balik bantal, berharap segera pagi.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun