Mohon tunggu...
kiki zakia
kiki zakia Mohon Tunggu... Lainnya - Saya seorang ibu rumah tangga yang berbahagia :)

I am a mom and I love writing. Saya akan rajin menulis di kompasiana. Bismillah.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kesehatan Lingkungan dan Nutrisi yang Cukup

7 Oktober 2021   21:40 Diperbarui: 7 Oktober 2021   21:48 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Menyeimbangkan hidup sehat dan lingkungan sehat adalah sebuah perjuangan. Untuk itu perlu kesabaran dan konsistensi dalam mewujudkannya.

Banyak pihak yang berupaya untuk mewujudkan hal ini, mulai dari pemerintah, perusahaan, hingga komunitas-komunitas pun ikut bergerak dalam mewujudkan hidup sehat serta lingkungan sehat.

Berbagai sosialisasi di adakan, webinar, pelatihan dan banyak lagi dengan tujuan yang sama bergerak bersama untuk menyehatkan indonesia.

Di tengah pandemi seperti ini, tetap berfikir positif, disiplin dan sadar betapa pentingnya sehat adalah kunci.

Apalagi untuk masyarakat menengah kebawah, hidup sudah pas-pas an kini justru dibatasi bahkan diberhentikan dari pekerjaannya. Pemerintah tentu memberikan solusi dalam bentuk bantuan sosial. Akan tetapi, pada satu sisi pandemi ini sungguh menyulitkan, menyakitkan dan menyedihkan. Sehingga bagaimana mau hidup sehat, dengan tetap hidup saja sudah untung rasanya.

Misalnya pada sebuah keluarga, Uang tidak ada, pekerjaan tidak ada, keluarga ada yang terkena covid-19, mau cari kerja dibatasi, yang menangih hutang berdatangan dan lain sebagainya. Apa itu tidak membuat kalut? Tentu saja ya. Sangat kalut. Untuk beberapa saat bahkan tersenyum pun berat rasanya.

Waktu berlalu, setidaknya beban itu sedikit berkurang.

Dari saya pribadi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan bangkit. Tidak berlama-lama memikirkan betapa beratnya tuntutan hidup tetapi beralih menjadi berfikir tetap hidup sehat dengan menerapkan disiplin olahraga dan makan makanan yang cukup bernutrisi setiap harinya. Misalnya olahraga lari setiap pagi 20menit saja, lalu untuk makanan yang cukup bernutrisi misalnya telur, sayuran bayam dan brokoli dan juga kacang-kacangan. Konsisten melakukan nya akan membuat hidup anda sehat dan lebih teratur. Artinya jika kita sehat, pemikiran pun sehat lalu bersemangat menjalani hidup.

Jika kita menerapkan gaya hidup sehat dengan nutrisi yang cukup, kita bisa membawa dampak pada lingkungan untuk hidup sehat.

Maka terwujudlah keseimbangan hidup sehat dan lingkungan sehat. Mari bergerak bersama untuk pulihkan indonesia dengan tetap hidup sehat dan menciptakan lingkungan sehat di mulai dari diri sendiri. 

Terakhir adalah poin penting juga yaitu berdoa. Bagi yang beragama kekuatan dan keyakinan saat berdoa sangatlah membantu memulihkan pemikiran yang kalut menjadi tenang dan damai, selain itu berdoa bisa membantu memulihkan indonesia menjadi negara yang baldatun toyyibun warobbun ghofuur. Aamiin

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan