Mohon tunggu...
Zainal Tahir
Zainal Tahir Mohon Tunggu... Freelancer - Politisi

Dulu penulis cerita, kini penulis status yang suka jalan-jalan sambil dagang-dagang. https://www.youtube.com/channel/UCnMLELzSfbk1T7bzX2LHnqA https://www.facebook.com/zainaltahir22 https://zainaltahir.blogspot.co.id/ https://www.instagram.com/zainaltahir/ https://twitter.com/zainaltahir22 https://plus.google.com/u/1/100507531411930192452

Selanjutnya

Tutup

Politik

Pak Ketua Sedang Ngopi, Jangan Diganggu!

1 November 2019   17:09 Diperbarui: 1 November 2019   22:37 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kantor DPRD Kabupaten Gowa ketika ter(di)bakar tiga tahun lalu. | Dokpri

Sekitar pertengahan Juni 2005, saya lupa hari apa dan tanggal berapa tepatnya. Yang saya ingat saat itu saya merasa orang hebat di kampung halaman saya; Ketua KPU Kabupaten Gowa. 

Keren kan jabatan saya? Ketua KPU pertama di Gowa. Penyelenggara pemilihan bupati secara langsung pertama di negeri ini. Tanda tangan saya yang menentukan untuk menjadi seorang Bupati Gowa pada waktu itu. Hahaha..., tul nggak?! 

Dan, saya ingat sekali waktu itu menjelang senja, saya sedang asyik ngopi di Phoenam Boulevard Makassar bersama ketua KPU Sulsel, Aidir Amin Daud, dan beberapa teman.

Sedang asyik ngobrol sambil menyeruput kopi, Pak Bahar datang membawa handphone saya yang tertinggal di mobil dan sering dipegangnya karena urusan KPU lalu lalang di situ. Pak Bahar pun saya beri kewenangan untuk sesekali menjawab telepon, apalagi itu berasal dari kolega saya di KPU Gowa, terutama sesama anggota.

"Ada telpon dari Pak Iccang. Katanya gawat kantor, Pak Ketua!" ujar Pak Bahar, dia begitu tergopoh-gopoh, kelihatan susah mengatur napas.

"Bilang sama Iccang, saya sekarang di Phoenam sedang ngopi sama Pak Aidir!" tanggap saya tegas.

"Pak Ketua sedang ngopi, jangan diganggu!" lanjut Pak Bahar. Bicara sama Iccang.

Hehehe... Pak Bahar ini berimproviasasi lagi. Di Sungguminasa sana, Pasti Iccang  --sapaan akrab Hirsan Bactiar, anak muda aktifis---mungkin galau juga teleponnya ke saya hanya ditanggapi oleh Pak Bahar.

Jadi saya raih juga flexi saya itu dari Pak Bahar, staf sekretariat KPU Gowa yang selalu menemani saya kemanapun saya pergi. Spesialis keahliannya memang bawa mobil, namun tak elok saya sebut sebagai supir di KPU karena dia senior dan  pangkatnya sudah IIIB, memenuhi syarat jadi Lurah.  

"Kenapa, Iccang?" Saya langsung bertanya walaupun saya tetap duduk tak beringsut dari obrolan pilkada langsung di sepuluh kabupaten di Sulawesi Selatan yang baru saja lewat, di meja bundar itu.

"Pulangki duluee ke Sungguminasa, Kak!" sahut Iccang penuh tekanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun