Mohon tunggu...
Zahwa Angelica
Zahwa Angelica Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kediri

Selanjutnya

Tutup

Diary

Ayah

10 Maret 2022   21:52 Diperbarui: 15 Maret 2022   10:39 926
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai,  kali ini aku akan bercerita tentang ayahku, ayahku bernama ayah mujib. Iya mujib yang artinya Maha Mengabulkan. Nama ayah sangat cocok dengan karakter ayah. Mungkin bener ya kalo nama adalah doa. Alhamdulillah doa dan harapan orang tua ayah terkabul. Aku adalah salah satu orang yang kalo minta ke ayah ga pernah ga diturtin, berasa beruntung pol punya ayah sebaik itu. Ayah gak cuma baik ke keluarganya ayah juga terkenal loman dikalangan para tetangga. Ayah memang diperilakukan sama oleh kakek nenek. Dibanding keluarga ibuk bisa dibilang keluarga ayah juga selalu lebih heboh wkwkwk. Ayah ditinggal sama kakek sejak ayah kelas 2 SD jadi kalo ayah sama adekku yang laki-laki keliatan sayang pol dan kalo tidur selalu dipeluk. 

Kata ayah ayah ga bisa ngerasain hal itu waktu kecil jadi ayah berusaha melakukan apa yang ayah ingin dulu ke anak ayah sekarang. Kalo nenek meninggal pas ayah udah besar, pas ayah udah kerja. Ayah dulu juga ga cuma sekolah di Kediri ayah sekolah di Sidoarjo ikut kakak pertamanya. Ayah sekolah di Sidoarjo sejak ditinggal kakek meninggal sampe SMA terus ayah SMA di Kediri. Kata ayah, ayah dulu nakal pol. Ayah sangat liar, suka usil sama orang dan ga ada rasa takut sama orang pokoknya prinsipnya ayah kalo ga salah berani, katanya pakde dulu sering di marahin tetangga gara-gara ayah sering usil sama temannya sampe temennya nangis. 

Sebenernya gaes kalo aku disuruh cerita tentang ayah itu aku ga terlalu bisa cerita banyak seperti cerita tentang ibuk karena memang bisa dibilang ayah lebih banyak kerja dari pada dirumah. Biasanya ayah pulang setahun entok paling sering itu 2 kali. Jadi interaksi antar kami lebih sering pake telfon. Nah gara-gara covid ini aku jadi punya banyak waktu sama ayah. Memang awalnya kaya awkward tapi lama-lama aku seperti kembali ke masa kecil kalo sama ayah, candaannya juga kembali kayak dulu seneng deh bisa deket lagi sama ayah. Bener-bener covid bawa banyak hikmah banget buat hidupku, aku jadi bisa deket sama ayah, ayah jadi ga kerja diluar, ayah jadi punya waktu 24/7 sama keluarga, aku juga bisa naik motor hihihi. Ayah bener-bener ayah yang tanggung dan sweet, tapi model sweet nya itu act of service. Misal ya kaya aku mau beli sesuatu keluar terus ayah tanya “mau kemana ?” trs tak jawab “beli (.....)” terus ayah bilang gini “tak belikno ae wes nk rumah ae saman, panas engko kepanasen anakku.” Ngerti ga sih rek perasaanku auto mleyooot. Jadi buat calon misua nih kalian harus treat me like a queen. Karena memang aku diperlakuan kaya begitu sama keluargaku. Mereka sayang mereka peduli mereka melindungi pokoknya merasa nyaman kalo dirumah.

Eits, tapi dibalik kebaikan dan kelembutan ayah, ayah adalah orang yang sangat tegas, tegas dalam hal hidup. Contohnya, bangun pagi sholat pokoknya pagi harus sudah mandi trs sarapan, trs bersih” rumah. Pokoknya 4 hal itu aku berusaha ga pernah ke skip selama hidupku karena memang ayah/ibuk selalu ngomel kalo aku skip salah satu dari itu, ya dulu pas waktu kecil pasti ayah/ibuk ngomel karena kadang aku males mager pokoknya enak main tapi setelah aku faham maksud ayah sama ibuk aku bisa tahu apa sih yang diharapkan sama mereka ke aku. Ayah ingin aku menjadi anak yang disiplin mandiri dan ga jorok. Ya mungkin hanya berawal dari hal kecil tapi kalau di lakukan rutin pasti ada feedback buat hidup kita. 

Ayah selalu bilang kalo habis pake sesuatu harus di kembalikan ketempatnya, katanya biar kebiasaan kalo habis pakai itu dikembalikan bukan dibiarkan. Belajar tanggung jawab dengan apa yang kita lakukan. Aku ngerasa feedbacknya bisa aku rasaian saat aku lagi diluar rumah. Di mahad contohnya, aku salah satu type orang yang bisa dibilang rajin bersih”, kasur, nyuci baju, habis makan langsung cuci gelas piringnya, rajin setrika, pokoknya bisa dibilang aku orangnya kalo liat kotor pusing, ga tahu kenapa pokoknya kalo ngeliat kotor sama berisik aku pusing, tapi aku suka musik kok aku cuma ga suka berisknya orang ngomong kayak annoying banget. Dan ternyata banyak hal dari ayah yang itu juga terjadi di aku. 

Aku ngerasa genetik ayah kuat di aku. Gigiku buat makan kacang aja potek, padahal aku masih umur 17 th, aku gampang sakit, aku juga pemarah, cuaca dingin pusing, cuaca terlalu panas juga pusing, sering mimisan, sering sakit. Pokoknya aku ngerasa habbit dan genetik ayah banyak turun ke aku dari pada kedua adikku. Ya mungkin itu hal yang bisa dibilang ga mengenakkan tapi aku bersyukur karena ayah ibuk juga peduli dan sayang banget apalagi pas aku sakit mereka pasti khawatir. I love my family, I will always memorize all the moments in my life. Someday, I will be able to have a harmonious family as well. Aamiin. Love, zahwa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun