Mohon tunggu...
Zahra Octa
Zahra Octa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Airlangga

Saya memiliki hobi menari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemeliharaan Kesehatan Mental di Kalangan Remaja

26 Juni 2022   20:43 Diperbarui: 26 Juni 2022   20:59 24 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Menurut Zakiah Daradjat, Kesehatan Mental adalah terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara manusia dengan dirinya dan lingkungannya, dengan berlandaskan keimanan dan ketakwaan yang bertujuan untuk mencapai kebahagiaan seseorang. Banyak sekarang ini kaum remaja mengakhiri massa hidupnya dikarenakan salah satunya yaitu kesehatan mental yang terganggu. 

Kaum remaja saat ini mengalami gangguan kesehatan mental dari yang ringan hingga berat, bisa dipicu dari berbagai aspek permasalahan. Bisa dari aspek keluarga, pendidikan, dan juga lingkungan. Adanya kurang keterbukaan kepada keluarga, juga menjadi hal yang mendukung remaja tersebut merasa tidak memiliki siapa-siapa yang padahal keluarga adalah tempat yang seharusnya menjadi rumah ketika mempunyai masalah.  

Menurut Prof. Dr. Zakiah Daradjat, peran keluarga sangatlah besar terhadap proses kesehatan mental remaja. Dalam pendidikan keluarga dan juga keadaan-keadaan keluarga (seperti hubungan ibu dan bapak) lebih berperan dan perlakuan-perlakuan yang disengaja terhadap kesehatan mental remaja. Banyak kebanyakan remaja melampiaskan rasa sedih dan rasa amarahnya terhadap hal-hal yang negatif. Salah satunya seperti sebelumnya dibahas yaitu bunuh diri. 

Dapat juga dengan mabuk, kabur dari rumah, dan lebih parahnya lagi ada yang sampai menyiksa dirinya sendiri.

Pemeliharaan kesehatan mental dapat dimulai dari diri sendiri dan bantuan dari lingkungan terdekat. Cara sederhana yang dapat dilakukan kaum remaja yaitu dengan pertama yaitu bersyukur atas apa yang ia punya, bersyukur atas dirinya sendiri. Kedua, dapat dengan cara memperbaiki hubungan dirinya dengan orang terdekat yaitu keluarga. 

Dengan cara tersebut ia dapat terbuka perihal sesuatu permasalahan yang sedang ia hadapi. Tidak hanya kepada keluarga, sebisa mungkin memanfaatkan teman untuk menjadi tempat bercerita dan terbuka akan masalah yang dihadapi. Ketiga, meminimalisir pemikiran buruk dari omongan orang lain. Keempat, dapat memanfaatkan waktu secara produktif yaitu salah satunya dengan berolahraga. Kelima, beristirahat secara cukup dan mengurangi aktivitas yang tidak produktif.

Sebenarnya berbagai hal sederhana pemeliharaan kesehatan mental dapat dilakukan jika dari diri pribadi kita berniat melakukannya. Dukungan keluarga dan lingkungan merupakan poin penting dalam pemeliharaan kesehatan. Jika kesehatan mental terjaga, ia akan bisa berkembang dengan baik, merencanakan tujuan-tujuan dalam hidupnya secara terencana, dan bisa menikmati hidup dengan diselimuti rasa bahagia karena dapat bersyukur akan hal-hal kecil yang dimilikinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan