Mohon tunggu...
Yuzni Oktavianti
Yuzni Oktavianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UHO
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hobi : nonton drama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Asal Usul Internet, Mengenal Sejarah Internet

30 September 2022   14:20 Diperbarui: 30 September 2022   14:26 117 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Materi ini bersumber dari 2 buku yaitu
* computer network by tanenbaum
* CCNA

     Internet kepanjangan dari interconnected network. Adalah jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Internet terdiri dari jaringan-jaringan kecil dibawahnya yang saling terhubung. Dengan kata lain internet adalah kumpulan jaringan kecil yang saling terhubung.
 
    Macam-macam internet:
     * PAN (Personal Area Network)
     * LAN (Local Area Network)
     * MAN (Metropolitan Area Network)
     * WAN (Wide Area Network)

   Jadi, internet itu bukan satu jaringan tunggal melainkan terdiri dari beberapa jaringan kecil yang terhubung satu sama lain sehingga membentuk global network atau jaringan global. 
   Secara garis besar internet tidak direncanakan untuk dibuat oleh orang tertentu dan tidak dikontrol oleh orang tertentu dan tidak punya pusat. Jadi mirip-mirip kaya skynet diterminator. Jadi apabila dihancurkan/dimatikan internet tidak akan bisa.
   Tahun 1957, Uni Soviet sukses meluncurkan satelit pertama "sputnik" dan pada saat itu juga presiden Amerika Dwight D. Eisenhower membuat 1 badan dimana badan itu akan mengurusi permasalahan yang terjadi yang disebut sebagai Advance Reseach Project Agency (ARPA). ARPA akan mengurangi semua penelitian yang berkaitan dengan militer. Pada saat perang dingin waktu itu Amerika menggunakan sistem telepon yang menggunakan HUB untuk exchange information atau bertukar informasi dari 1 instansi militer ke instansi militer lainnya. Akan tetapi kelemahan sistem ini adalah sistem telepon itu terpusat ke 1 HUB dan jika ada serangan nuklir ke 1 pusat tersebut, maka semua komunikasi di Amerika akan mati (offline).
   ARPA sadar akan kelemahan sistem ini sehingga mereka berpikir keras bagaimana caranya menyelesaikan kelemahan ini atau redudancy ini. Ditahun 1960, Paul Baran, seorang staff biasa diperusahaan RAND (perusahaan oursourching militer Amerika) dia mengemukakan ide dengan menggunakan sistem jaringan komputer yang kompleks sebagai pengganti sistem telepon yang terpusat sebelumnya untuk menjawab kekhawatiran militer Amerika. Paul Baran kemudian membuat laporan dan proposal untuk idenya tersebut tetapi idenya ditolak
   Tahun 1967, Larry Robert seorang program manager di ARPA mempunyai ide bagaimana caranya mengakses komputer dengan jarak jauh atau remote connection. Dan Larry Robert memberikan nama kepada idenya tersebut sebagai "networking". Kemudian beliau merancang ide tersebut dengan menggunakan teknologi paket data switching seperti internet sekarang ini. Ternyata NPL (National Physical Laboratory) di Inggris sudah membuat dan menerapkannya. NPL membuat jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dikampusnya dan NPL ini terinspirasi dari laporan yang ditolak punya Paul Baran tahun 1960.
   Setelah Larry Robert melihat kesuksesan NPL dalam menerapkan teknologinya, Beliau juga membuat jaringan yang bernama ARPANET atau jaringan ARPA. Ditahun 1969 jaringan ARPANET sudah jadi dan online, tetapi hanya menghubungkan universitas-universitas. Diantaranya UCLA (Universitas Of California), UCSB (Universitas California Of Santa Barbara), SRI (Stanford Research Institute), dan University of UTAH.
   Tahun 1970, NSF (National Science Foundation) badan di Amerika, melihat ARPANET ternyata sangat berguna untuk saling bertukar informasi antar Universitas. Kemudian ARPANET berkembang menghubungkan universitas-universitas lain. NSF melihat perkembangan ARPANET, kemudian membuat NSFNET yang meliputi seluruh Amerika, menghubungkan museum-museum, perpustakaan, badan penelitian, universitas-universitas di seluruh Amerika, badan militer dan badan-badan penting lainnya. Jadilah WAN pertama atau Wide Area Network pertama didunia yaitu jaringan yang menghubungkan seluruh negeri Amerika dan masih terpusat di badan-badan militer atau penelitian dan belum ke publik.
   Kesuksesan ARPANET dan NSFNET menular keseluruh dunia, salah satunya Eropa. Eropa langsung membuat Europe Net dan Ebone dengan prinsip yang sama dengan ARPANET dan NSFNET. Di Indonesia juga mulai tertarik untuk membuat jaringan komputer pertama. Jaringan komputer pertama di Indonesia dibuat oleh Universitas Indonesia dengan nama UINET ditahun 1986. UINET ini menghubungkan 3 universitas seperti UI (Universitas Indonesia), ITB (Institut Teknologi Bandung), dan UGM (Universitas Gajah Mada). Jadi, awal mula internet adalah jaringan-jaringan yang di develop oleh negara-negara tertentu yang akhirnya jaringan-jaringan kecil itu saling terhubung satu sama lain, dan jadilah INTERNET
   Internet pertama kali masuk ke Indonesia ditandai dengan dikirimnya "PING" (Packet Internet Gopher) yang pertama kali. Ping adalah sebuah paket data yang dikirim untuk mengetes koneksi. Ping tersebut dikirim oleh Randy Bush dari Portland Oregen di Amerika Serikat pada 7 juni 1994, dikirim ke IPTEKNET Indonesia dengan latensi atau delay 750 ms dengan paket datanya sebesar 64 KBps.
   Internet mulai berkembang lebih besar lagi ketika ditahun 1990-an, tim Berners Lee menciptakan Word Wide Wed atau www, halaman web pertama didunia. Sejak saat itu mulai muncul email, Napster, platform sharing musik pertama, google, facebook, Twitter, semua orang bisa mengaksesnya.
   
   Jadi internet adalah kumpulan-kumpulan jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan