Mohon tunggu...
Yusuf Adi
Yusuf Adi Mohon Tunggu... Deep Thinker, Educator, Endless Learner, Positive Contributor

Terus belajar hal baru untuk berbagi dan berkontribusi positif kepada lingkungan dan masyarakat di sekitar saya. Terima kasih sudah membaca dan memberi dukungan!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

BTS x McDonald's, ARMY x Ojol, Obsesi dan Militansi Fandom Terbesar di Dunia

11 Juni 2021   15:06 Diperbarui: 13 Juni 2021   16:54 189 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BTS x McDonald's, ARMY x Ojol, Obsesi dan Militansi Fandom Terbesar di Dunia
BTS x McDonald's / dok. McDonald's

Fenomena BTS Meal 9 Juni 2021 di Indonesia seketika menyedot perhatian seantero jagad. Ratusan bahkan puluhan ribu driver Ojek Online sejak pagi, puncaknya jam 11.00 menyerbu #McDonalds se-Indonesia karena jualan menu khusus yaitu BTS Meal, yang katanya adalah menu favorit rekomendasi dari #BTS.

Kerumunan ratusan driver Ojek Online (detik.com)
Kerumunan ratusan driver Ojek Online (detik.com)
Lurah, Camat, Satpol PP sampai Satpam kebingungan ada apa gerangan di #McDonald's diserbu kerumunan driver di daerahnya. Ada yang mengira promosi CD Album Artis, souvenir spesial, tanda tangan, atau ada kedatangan artis, dan lain sebagainya, ehhh.. ndelalahhh… ternyata cuma untuk dapat special packaging BTS berwarna ungu dan meal ringan chicken nugget, French fries, minuman soda dan dua saus spesial. 

Ckckckck.. Dahsyattt!!! Sampai banyak yang geleng-geleng kepala, antara kagum dan tak percaya, termasuk saya…

Siapa sih BTS??? Dan kenapa BTS begitu se-fenomenal itu di masa ini??

BTS singkatan dari Bangtan Sonyeondan atau juga dikenal dengan Bangtan Boys (arti bahasa Inggrisnya bulletproof boy scouts), adalah sebuah boyband atau grup musik beraliran Kpop-HipHop-R&B beranggotakan 7 pria dari Korea Selatan yaitu Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. 

Grup musik yang didirikan tahun 2013 ini memang sangat mendunia. Perjalanan mereka diawali dengan meraih penghargaan Top Social Artist di ajang Billboard Music Award 2017. Penghargaan ini sangat prestisius karena mengalahkan artis selevel Ariana Grande, Selena Gomez bahkan Justin Bieber yang memenangkan kategori ini 6 tahun berturut-turut (2011-2016). 

Sejak itulah, ratusan award lainnya mulai disematkan kepada BTS. Tidak hanya itu, rekor dunia Guiness World Records mencatat dengan tinta emas pencapaian BTS seperti ‘Most viewed YouTube music video in 24 hours’, ‘Most Twitter engagements (average retweets) overall’, ‘Best-selling album’, ‘Highest annual earnings for a K-Pop band’, ‘Most weeks at No.1 on Billboard's Digital Song Sales Chart’ dan masih ada puluhan rekor lainnya.

BTS meraih penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Award 2017 / kenyabtsarmy.com
BTS meraih penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Award 2017 / kenyabtsarmy.com
Banyak analisa dari ahli dan pengamat di bidang entertainment, musik serta media yang memberikan apresiasi dan menjabarkan kunci sukses dari BTS. 

Namun, terlepas dari kejeniusan dan tangan dingin dari CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk yang jeli melihat pasar dunia, alih-alih pasar Korea Selatan saja, promosi dan marketing di dunia sosial media yang sangat intens serta kualitas dan karakter personel dari BTS sendiri yang memang outstanding banget sebagai seniman, singer, produser, dancer. Ada satu hal yang paling menarik menurut saya yaitu militansi #ARMY.

ARMY adalah nama sebutan fandom (fans club) atau penggemar BTS, mereka diakui sebagai fandom terbesar dan terganas di dunia. Bukti fanatisme ini bisa dilihat dari ‘kegilaan’ aksi dan rekor yang dipecahkan karena dukungan dari ARMY. Salah satunya, ya, dari insiden BTS Meal yang berujung hingga penutupan gerai #McD selama satu hari hingga denda puluhan juta di beberapa gerai karena dianggap memicu kerumunan di masa pandemi.

Saya sudah mencoba menu khusus ini, sejujurnya ayam goreng dan burger McDonalds jauh lebih enak. Begitu juga Sweet Chili Sauce dan Cajun Sauce khas Korea Selatan yang katanya saus favorit member BTS ya begitu saja rasanya, for me Hot Lava Sauce from Richeese Factory is still the best. Tentunya, saya sadar harga, menu dan rasa bukan jadi fokus utama dalam menu khusus #BTSMeal, tapi ini menunjukkan seberapa 'gila'nya ARMY yang mau mbelani untuk membeli semua yang ‘berbau’ BTS.

Ada cerita menarik dari istri saya. Anak dari temannya, namanya Keiko seorang ARMY berusia 8 tahun, sampai nangis-nangis seharian minta mamanya untuk belikan BTS Meal. Mamanya harus putar 3x di salah satu gerai McD untuk bisa beli lewat drivethru tapi tidak bisa karena sangat amat ramai. Coba juga beli lewat aplikasi online, menunggu lebih dari 3 jam tetap juga ga berhasil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN