Mohon tunggu...
YUSRIL KHAERUL M
YUSRIL KHAERUL M Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Sarana pembelajaran dan media publikasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI: Program Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

29 Juli 2021   13:41 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:13 83 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI: Program Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kabar kembalinya sekolah atau kegiatan pembelajaran tatap muka juga belum terdengar kembali hingga sampai saat ini. Dengan kondisi seperti ini pemerintah memutuskan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran Daring yang menjadi keputusan pemerintah mulai dilaksanakan oleh sekolah-sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga Perguruan Tinggi.

Pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan jaringan internet dalam proses pembelajaran, Guru dan siswa berinteraksi melalui beberapa aplikasi seperti melalui WhatsApp Group, Google Classroom, Video Conference Zoom meeting, Google Meet, dan bahkan telepon. Keberhasilan dalam pembelajaran daring ini bergantung pada peran orang tua, guru tenaga didik, dan peserta didik itu sendiri. 

Kegiatan pembelajaran daring tidak selalu berjalan mulus, selama melaksanakan kegiatan program tersebut juga ditemui beberapa kendala yang terjadi di daerah pedesaan, seperti keluhan dari orang tua mengenai sarana pembelajaran seperti tidak memiliki handphone atau laptop yang mendukung, keterbatasan jaringan atau sinyal, hingga keluhan mengenai kuota. Selain itu tidak semua siswa bisa menggunakan media pembelajaran seperti handphone maupun laptop atau kendala lainnya yang dialami guru seperti belum terbiasa menggunakan teknologi atau kesulitan dari siswa yang susah mengerti pelajaran dan masih malas dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Dari kesulitan pembelajaran daring tersebut, maka orang tua harus menambah waktu untuk mendampingi anak dalam melaksanakan pembelajaran daring, dan guru yang diharuskan melek teknologi masa kini dan dituntut untuk mempelajari lebih jauh mengenai pembelajaran berbasis daring dengan harapan pembelajaran daring ini dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.

Bersamaan dengan permasalahan-permasalahan tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang juga dilaksanakan secara daring dengan beberapa program, salah satunya adalah program pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan seperti penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, dan pendampingan orang tua siswa yang semuanya dilaksanakan secara daring.

Dalam program penguatan pembelajaran daring, mahasiswa membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring seperti memberikan informasi-informasi seputar pembelajaran daring dam membantu setiap proses kegiatan pembelajaran daring yang akan dilaksanakan. Untuk pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, mahasiswa turut serta dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan media pembelajaran tambahan yang dikemas secara menarik agar siswa lebih mengerti dan mudah mempelajari serta memberikan semangat belajar.

Terakhir adalah pendampingan orang tua, seperti mahasiswa dapat bergabung dalam grup WhatsApp yang menanyakan sekaligus sharing dengan para orang tua siswa mengenai kendala apa saja yang dialami para orang tua selama kegiatan pembelajaran daring ini berlangsung. Selanjutnya mahasiswa juga memberikan solusi serta tips-tips mengenai pendampingan pembelajaran daring untuk orang tua dengan tujuan pembelajaran daring selanjutnya dapat terlaksana dengan baik.

Maka melalui program pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia ini mahasiswa turut serta dalam membantu pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring sekaligus mengatasi beberapa kendala yang terjadi dalam pembelajaran daring tersebut sehingga kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Penulis           : Yusril Khaerul M

NIM                 : 1805781

Kelompok     : 67

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN