Mohon tunggu...
Yus Ibnu Yasin
Yus Ibnu Yasin Mohon Tunggu... Konsultan Budaya Dan Organisasi

Motivator muda Indonesia Founder Maqna Consulting Life Coach Praktisi Budaya dan Organisasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gagal Itu Hal Biasa

8 Maret 2021   11:08 Diperbarui: 8 Maret 2021   11:37 23 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang saya sampaikan di awal, bahwa perjalanan di tengah itu tidak lebih mudah daripada perjalan di awal. Sulit dilalui. Itulah mengapa guru kita sering mengajarkan bahwa kesuksesan tidak ada yang instant, maka kuncinya adalah terus bergerak, jangan sampai berhenti, berhenti artinya mati, air yang berhenti mengalir akan bau, sungguh taka da yang merusak besi kecuali karatnya sendiri, taka da yang bisa merusak diri kita kecuali mindset kita sendiri. Gagal sekali bukan artinya gagal selamanya. Justru itu pertanda kita sudah mencoba. Lebih baik mencoba dan gagal daripada kita gagal untuk mencoba.

Ada 2 hal yang mengakibatkan kita gagal

  • Lemahnya system capaian goal kita, seperti yang saya sampaikan, kita hanya semangat di awal, tak system yang menjaga semangat dan daya juang kita sehingga di tengah terseok seok.
  • Kompetensi kita tak sebesar goal kita, semangat kuda tenaga ayam. Ingin memeluk bintang apa daya bangun selalu kesiangan. Kita tak pernah mengasah kompetensi sehingga tak layak target kita capai sendiri. Kesuksesan kita sebanding dengan kompetensi, maka kalau mau sukses, tingkatkan kompetensi kita di bidang masing masing.

Trus bagaimana kalau kita jarang gagal ? ini yang justru berbahaya. Bisa jadi goal kita, target kita yang biasa biasa saja. Sehingga tidak perlu effort dalam capaiannya.

VIDEO PILIHAN