Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Memaknai Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 7,07%

8 Agustus 2021   06:00 Diperbarui: 8 Agustus 2021   07:37 466 17 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Memaknai Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 7,07%
Pertumbuhan ekonomi Indonesia | Sumber:Shutterstock/David Carillet via money.kompas.com

Ada dua peristiwa penting sehingga Agustus 2021 menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan menjadi sangat spesial baik untuk seluruh warga negeri ini, tetapi utamanya bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo - Ma'aruf Amin dengan Kabinet Indonesia Majunya. 

Peristiwa bersejarah pertama adalah berkibar bendara merah putih dan berkumandangnya lagu kebangsaan NKRI Indonesia Raya di arena Olimpiade Tokyo 2020 atas medali emas yang diraih oleh pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu pada pertandingan bulu tangkis. 

Seluruh negeri ini histeris, teriak, terharu, menangis, dan bersyukur atas kemenangan yang bersejarah dari dua skrikandi republik ini.

Kemenangan mereka menjadi hadiah terindah bagi Indonesia yang pada Agustus ini merayakan Hari Kemerdekaan yang ke 76 tahun. Menjadi bersejarah, tidak saja karena perjuangan Greysia dan Apriyani seakan menjadi mission impossible, tetapi juga bagi Indonesia yang satu setengah tahun didera habis oleh pandemi covid-19 dan melumpuhkan beragam sektor termasuk olah raga. 

Peristiwa kedua yang juga menjadi sejarah adalah capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun 2021 yang diumumkan oleh Kepala Biro Pusat Statistik pada Kamis 5 Agustus 2021. Angka 7,07% capaian pertumbuhan ekonomi yang sangat luar biasa bahkan gemilang dan tertinggi sejak 17 tahun terakhir.

Tankapan layar Presentasi BPS | Sumber: bps.go.id
Tankapan layar Presentasi BPS | Sumber: bps.go.id

Angka pertumbuhan ini seakan menjawab keraguan banyak pihak, apakah Indonesia mampu segera keluar dari keterpurukan dalam kondisi resesi sejak pandemi Covid-19 sah memporak-porandakan kehidupan perekonomian negara. 

Pun angka pertumbuhan yang fenomenal ini menyempurnakan semangat membara optimisme yang terus dibangun oleh Presiden Jokowi bahwa negara besar seperti Indonesia ini mampu dan bisa menghadapi dan keluar dari perangkat resesi ekonomi.

Angka Pertumbuhan 7,07% Fantastis

Mengapa pertumbuhan 7,07% menjadi sangat fantastis? Karena publik tidak yakin bisa menembus angka sebesar itu. Jangankan 5%, untuk berada di angka positif saja sudah luar biasa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan