Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hasil UTBK Diumumkan, Ada 4 Indikasi Kualitas Lulusan

14 Agustus 2020   18:47 Diperbarui: 15 Agustus 2020   03:02 56 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hasil  UTBK Diumumkan, Ada 4 Indikasi Kualitas Lulusan
https://sultrakini.com/amp

Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau lebih populer dengan nama UTBK sudah diumumkan oleh Ketua LTMPT hari ini  pukul 15.00 yang di dahului dengan konferensi pers secara daring pada pukul 13.30. Hasil UTBK kali ini menarik dicermati, karena ada indikasi perbaikan kualitas lulusan di samping kompetisi yang sangat ketat karena tinggi homogenitas hasil ujian.

Saya ikut menyaksiskan acara ini sejak awal hingga akhir dan aura ketegangan itu sangat kuat. Ketegangan yang dialami oleh para siswa yang mengikuti UTBK telah memuncak sejak pagi hari, dan menuju detik-detik pengumuman pada pukul 15.00 yang bisa diakses langsung melalui website dari LTMPT dan mirror web di sejumlah PTN. Ketegangan ini nampak dari ruang chat youtube dari LTMPT yang sejak dibuka beberapa jam sebelumnya dibanjiri oleh komentar dari peserta yang sarat dengan pesan dan komentar doa dan harapan untuk lulus pada PTN pilihannya.

Sangat bisa dimengerti ketegangan itu, karena UTBK kali ini penuh dengan sensasi karena dampak pandemi Covid-19 yang protokol kesehatannya sangat ketat dan mundurnya semua jadual hingga pengumuman hasil. Belum lagi peluang yang sangat berat untuk lolos, yaitu 1 banding 5 secara keseluruhan.

Ketua panitia LTMPT menjelaskan jumlah peserta UTBK 702.420 orang, dan yang dinyatakan lulus sebanyak 167.653 siswa  atau setara dengan 23,87%. Yang terdiri dari (i) 123.099  dari 546.370 atau setara 22,53% jalur reguler, dan (ii) sebanyak 44.554 atau 156.050 siswa setara dengan 28,55% jalur Kartu Indonesia Pinter atau KIP kuliah. Oleh ketua panitia juga menambahkan  bahwa 8 buah Politeknik  yang mendaftar 1453 dan diterima 638 siswa atau setara dengan 43,91%. Paket C yang lulus sebanyak 203 dari 1.282 siswa atau setara 15,83%. Dan peserta disabilitas lulus 83 dari 531 siswa atau sebesar 15,63%.

Hasil UTBK sebagai pintu masuk pada SBMPTN memberikan informasi yang menggembirakan karena ada indikasi perbaikan kualitas lulusan di kalangan SMU, antara lain :

1. Nilai UTBK peserta sangat homogen. 

Ketua LTMPT Mohammad Nasih menjelaskan bahwa SD atau standar devisiasi nilai peserta UTBK sangat kecil, sebagai indikasi kuat bahwa score yang dicapai oleh setiap peserta jaraknya sangat kecil. Bahkan perbedaannya sangat tipis, bisa hanya nol koma nol sekian. Artinya, hasilnya bisa diandalkan sebagai cerminan dari kualitas kademik siswa. Bila ini dianggap valid maka menjadi berita bagus tentang proses pembelajaran yang efektif selama ini. 

2. Jalur KIP kuliah meningkat dengan baik.

Jalur SBMPTN KIP kuliah diperuntukkan bagi segmen calon mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi lemah. Ternyata mampu lulus 44.554 atau setara dengan 28,55% dari jumlah pendaftar sebesar 156.050 siswa. Artinya, latar belakang ekonomi yang lemah bahkan tergolong miskin, tidak berarti kualitas akademiknya miskin pula. Menjadi penting sebagai feedback bagi proses pendidikan selanjutnya agar kualitas siswa itu tidak selalu dikuur hanya dari status sosial ekonomi mereka.

3. Prosentasi partisipasi 94,13%

Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, angka partisipasi keikutsertaan siswa dalam UTBK 2020 sangat tinggi, mencapai 94,13%. Hendak menegaskan hasil yang dicapai bisa menrefleksikan kondisi kualiatas akademik pada siswa tahun ini yang semakin meningkat. Kendati dengan demikian persaingan juga semakin ketat, dengan perbandingan 1:5 secara keseluruhan. Dan persaingan lebih ketat lagi di masing-masing jurusan atau program studi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN