Mohon tunggu...
Dzakwan Ariqah
Dzakwan Ariqah Mohon Tunggu... Lainnya - Alumnus Pemali Boarding School PT Timah Tbk

Sedang mengisi waktu luang dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ini Alasan Mengapa Ikut Try Out Penting Bagi Peserta UTBK

16 April 2024   00:01 Diperbarui: 16 April 2024   05:08 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seseorang sedang belajar. Sumber gambar: applydata

Perjalanan pejuang perguruan tinggi negeri kini semakin dekat mencapai garis pertandingan adu kemampuan literasi dan skolastik. Sekitar dua pekan siswa pendaftar SNBT akan melaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan salah satu pintu mereka untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Berbagai kesiapan meliputi mental, pemahaman materi hingga kemampuan manajemen waktu harus disiapkan dengan matang  guna mencapai hasil yang maksimal saat pelaksanaan tes UTBK.


Salah satu upaya yang berperan penting bagi peserta UTBK guna mencapai hasil yang maksimal adalah melatih diri dengan ikut try out UTBK secara rutin. Dalam artikel ini, penulis akan mengulas tentang peran penting ikut try out terutama dalam membangun kesiapan diri menghadapi UTBK.


1.Sebagai Metode Mengukur Kemampuan

Manfaat yang paling utama ketika kita mengikuti try out adalah mengukur kemampuan. Dalam mengikuti seleksi masuk PTN, kita bersaing dengan ribuan peserta yang juga mempunyai mimpi yang sama dengan kita. Dengan mengikuti try out secara rutin, kita dapat mengetahui sejauh mana kemampuan yang kita miliki. 

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, dalam berbagai platform media yang menyelenggarakan try out online, biasanya mereka menyediakan fitur yang menunjukkan perbandingan nilai antar peserta dan nilai disetiap subtesnya. Adanya fitur ini bukan hanya sekadar sebagai sarana untuk membandingkan melainkan sebagai media evaluasi bagi masing-masing peserta try out sehingga mereka dapat mengetahui titik kekuatan dan kelemahan kita. Kita juga dapat menggunakan fitur pembahasan soal untuk mengetahui jawaban benar dari setiap soal-soal yang diujikan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak hanya melihat nilai hasil try out melaikan juga mempelajari setiap soal yang diujikan melalui pembahasan itu sehingga kita dapat mengukur dimana kesalahan kita dana apa perlu diperbaiki. Rutin mengikuti try out akan membuat kita lebih siap ketika menghadapi tes yang sesungguhnya.


2.Membiasakan Diri Mengerjakan UTBK

Dengan ikut try out, otak kita akan dilatih untuk terbiasa menghadapi berbagai bentuk soal yang harus diselesaikan. Biasanya soal yang diujikan saat try out memiliki bentuk dan tingkat kesulitan yang mirip dengan soal UTBK sesungguhnya. Ini berperan untuk membentuk penyesuaian terhadap bentuk-bentuk soal. 

Sebagaimana yang kita ketahui, tes UTBK menyajikan soal-soal dengan bentuk yang cukup berbeda dengan pelajaran kita saat belajar di dalam kelas semasa SMA. Jika kita tidak terbiasa mengerjakan soal-soal UTBK, maka kita akan mengalami gangguan fakos dan mental saat hari pelaksanaan ujian sesungguhnya tiba.

3.Melatih Mental Saat Ujian Tiba

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu permasalahan yang sering terjadi pada peserta UTBK adalah gagas fokus saat ujian berlangsung. Tentunya ini adalah mimpi buruk yang sangat ditakuti oleh peserta UTBK. Terkadang kurangnya fokus saat UTBK bukan hanya disebebakan oleh kurangnya kesiapan dengan berlatih mengerjakan soal, melainkan juga bisa disebabkan karena kita terlalu fokus pada penyelesaian satu soal yang tergolong sulit. Soal yang beragam ini juga memicu timbulnya stress saat UTBK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun